3 Cara Touring Sendirian Pakai Motor yang Aman dan Nyaman

Avatar of PortalMadura.com
3 Cara Touring Sendirian Pakai Motor yang Aman dan Nyaman
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Siapa coba yang tidak suka jalan-jalan?. Bisa dikatakan, banyak orang menyukai aktivitas ini. Apalagi jalan-jalan atau bersama teman-teman, entah jarak jauh ataupun jarak dekat, pasti rasanya sangat menyenangkan.

Tidak heran, banyak komunitas sering melakukan kegiatan ini. Tapi, bagaimana jika teman yang biasa Anda ajak touring tiba-tiba tidak bisa memenuhi undangan Anda karena berbagai alasan?. Jangan khawatir, Anda masih bisa jalan-jalan walaupun sendiri.

Anda juga tidak perlu takut, karena ada cara aman dan nyaman touring sendirian menggunakan motor, seperti yang dilansir Okezone.com dari Wahan Honda dalam keterangan resminya:

Faktor Keamanan

Melakukan touring motor jarak jauh sendirian memang lebih berisiko dibandingkan dengan berkelompok. Faktor dari luar seperti diganggu orang asing, atau kehilangan barang menjadi alasannya. Aturan Undang-undang di Indonesia yang melarang penggunaan senjata api tajam masih bisa disiasati.

Oleh sebab itu, Anda bisa mempersenjatai diri dengan beberapa barang yang biasa digunakan sebagai alat perbaikan kendaraan yang terbuat dari besi. Seperti, kunci inggris ukuran besar, atau obeng. Mengingat kasus perampasan atau begal di Indonesia yang cukup tinggi, barang-barang tersebut penting untuk dibawa.

Selain itu, sebagai bahan perlindungan, Anda bisa menggunakan satu stel jaket yang tebal, yang menutupi seluruh tubuh hingga kaki. Jaket yang tebal bisa menahan dari serangan senjata tajam.

Anda juga perlu melengkapi motor dengan alarm. Sebab, akan sering meninggalkan motor saat beristirahat untuk melaksanakan ibadah ataupun tidur. Hal ini untuk mencegah terjadinya pencurian kendaraan.

Hal yang juga perlu Anda perhatikan adalah ramah dan menghormati pengendara lain, ini akan sangat membantu perjalanan jarak jauh. Sebab banyak sekali terjadi kasus perkelahian di jalan raya atau road rage karena sikap pengendara yang tidak sabaran dan menghormati pengguna jalan lain.

Faktor Kenyamanan

Agar bisa menikmati perjalanan jarak jauh dengan nyaman dan kondisi kesehatan tetap terjaga, pastikan kenyamanan saat berkendara diperhatikan. Misalnya, jok atau tempat duduk pastikan terbuat dari bahan yang empuk. Serta pastikan posisi tubuh saat mengemudikan kendaraan bermotor tidak membuat Anda capai atau capek.

Pakaian juga sangat berpengaruh agar perjalanan terasa nyaman. Jaket tebal yang melindungi seluruh tubuh, tidak hanya untuk pertahanan ketika diserang orang jahat. Tetapi juga akan menjaga suhu tubuh tetap hangat di saat kondisi di perjalanan dalam kondisi hujan atau cuaca dingin.

Jangan juga menggunakan pakaian yang terlalu longgar karena akan sangat mengganggu apalagi saat kondisi angin kencang atau juga tersangkut di bagian kendaraan. Jadi, pakailah yang sewajarnya saja.

Jaga Stamina dan Siapkan Bekal

Selain keamanan dan kenyamanan, Anda juga perlu menjaga kondisi kesehatan saat touring jarak jauh sendirian. Sering-sering beristirahat dalam perjalanan. Jangan terlalu memaksakan ketika tubuh terasa lelah.

Apalagi, jika Anda sudah merasa mengantuk, segeralah menepi untuk tidur sejenak. Karena, penyebab kecelakaan paling tinggi saat berkendara adalah karena pengemudi yang mengantuk.

Siapkan juga perbekalan yang cukup untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Ini bisa berupa membawa makanan kaleng instan yang mudah disiapkan atau membawa uang yang cukup untuk membeli konsumsi di perjalanan.

Baca Juga : 7 Hal yang Perlu Disiapkan Saat Touring di Musim Hujan Agar Aman

Demikian beberapa cara bagi Anda yang ingin melakukan touring sendirian menggunakan motor. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.