oleh

3 Dosa Besar yang Sering Dilakukan Tanpa Disadari

PortalMadura.Com – Perbuatan yang sering dilakukan selama sehari-hari terkadang tidak Anda sadari sudah masuk ke dalam dosa besar. Saat Anda sudah mengetahui dosa besar ini segeralah menghentikannya, agar dosa Anda tidak semakin banyak.

Jika Anda ingin tahu, dosa besar apa saja yang sering dilakukan tanpa disadari. Simak penjelasan berikut dilansir dari laman Islampos.com, Kamis (4/6/2020)

Riba

Dosa besar pertama yang sering dilakukan tanpa Anda sadarai yaitu, riba. Riba ini seperti penetapan bunga pinjaman atau dengan kata lain melebihkan jumlah pengembalian pinjaman.

Riba biasanya terjadi saat peminjam tidak melunasi tepat waktu. Harus Anda ketahui riba ini hukumnya haram. Allah SWT  berfirman, “…padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba…” (QS. Al-Baqarah: 275).

Riya’ (Pamer)

Anda sering kali tanpa menyadari memamerkan barang, jabatan atau sesuatu hal yang baru Anda peroleh. Padahal sikap ini termasuk ke dalam dosa besar. Allah SWT berfirman :

“Dan (juga) orang-orang yang menginfakkan hartanya karena riya dan kepada orang lain (ingin dilihat dan dipuji) dan orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan kepada hari kemudian. Barangsiapa menjadikan setan sebagai temannya, maka (ketahuilah) dia (setan itu) adalah teman yang sangat jahat.” (QS. An-Nisa : 38)

Menyakiti Tetangga

Menyakit tetangga ternyata termasuk dalam dosa besar yang sering tidak di sadari. Dalam Islam sudah diajarkan untuk selalu senantiasa berbuat kebaikan kepada tetangga dan orang-orang tetangga.

Padahal sebenarnya, menyakit tetangga itu termasuk dalam dosa besar yang sering diabaikan. Ternyata orang yang menyakiti tetangganya tidak akan masuk ke dalam surga. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW “Tidak masuk surga seseorang yang tetangganya tidak merasa aman dari kejahatannya,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Oleh sebab itu, mulailah selalu bersikap baik kepada tetangga Anda. Budayakkan untuk selalu saling tolong menolong dan berbagi.

Saat ini Anda sudah tahu tiga dosa besar yang serin dilakukan tanpa Anda sadari. Mulai saat ini untuk berhenti melakukan ketiga hal ini, agar dosa tidak semakin bertambah.

Wallahu a’lam “Allah yang Maha Mengetahui”

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Islampos.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar