3 Hal yang Bisa Sebabkan Orang Sakit Setelah Lebaran

Avatar of PortalMadura.Com
3 Hal yang Bisa Sebabkan Orang Sakit Setelah Lebaran
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tiba-tiba atau kurang enak badan banyak dialami seseorang setelah . Padahal, selama puasa sebulan penuh bisa dijalani dengan keadaan sehat dan baik-baik saja. Mengapa hal ini terjadi?

Mengalami sakit setelah Lebaran bisa karena acara silaturrahmi ke sanak saudara dalam beberapa sehingga tidak memperhatikan keadaan tubuh yang merasa capek dan sebagainya. Selain itu, ternyata ada tiga penyebab utama yang menjadikan banyak orang yang sakit setelah Lebaran. Apa saja?

Berikut ini ulasannya:

Pola Makan
Saat berpuasa, metabolisme tubuh akan menyesuaikan dengan asupan yang masuk dalam tubuh. Setelah berpuasa selama kurang lebih 30 hari dengan metabolisme yang menurun, lalu makan sepuasnya saat lebaran, tubuh yang sudah beradaptasi menjadi “kewalahan” atau biasa disebut dengan overfeeding. Kondisi ini akan menyebabkan kenaikan berat badan dalam waktu singkat. Makanan yang dikonsumsi juga umumnya tinggi kolesterol. Inilah yang menyebabkan masalah di pencernaan.

Kurang Istirahat
Penyebab kedua dari ‘tumbangnya' Anda setelah lebaran yaitu kurangnya jam istirahat. Saat puasa lalu mudik tentu akan menguras tenaga. Saat lebaran pun Anda akan sibuk berkeliling dan bertamu ke sanak saudara. Kondisi ini menyebabkan banyak orang jadi kurang tidur saat beberapa hari sebelum hingga beberapa hari setelah lebaran. Kurang tidur menyebabkan mudah sakit.

Kurang Olahraga
Setelah lebaran masih banyak yang malas-malasan untuk tak berolahraga. Akibatnya aktivitas sehari-hari didominasi dengan duduk atau berbaring. Kurang olahraga pun menyebabkan tubuh mudah sakit. Olahraga atau aktivitas fisik penting dilakukan setiap hari demi menjaga kesehatan jantung dan aliran darah tetap lancar ke seluruh tubuh.

Nah, untuk itu sebaiknya Anda menjaga pola makan, istirahat cukup, dan olahraga rutin agar tubuh Anda senantiasa prima meski sudah bekerja keras saat lebaran. Semoga bermanfaat! (vemale.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.