3 Hal yang Perlu Dilakukan Umat Islam Saat Takut Akan Gangguan Jin

Avatar of PortalMadura.com
3 Hal yang Perlu Dilakukan Umat Islam Saat Takut Akan Gangguan Jin
ilustrasi (anakmuslimstudio.com)

PortalMadura.Com – Merasa takut dengan gangguan jin tentu sering dialami oleh umat muslim yang imannya masih lemah. Baik itu berupa bisikan waswas atau bahkan berupa penampakan dari jin yang jahil.

Padahal, Islam sudah mengajarkan kepada umat Islam cara mengatasi rasa takut diganggu jin atau setan. Berikut ini ulasannya:

Membaca Basmalah
Tahukah jika Anda membaca basmalah maka jin atau setan akan mengecil seukuran lalat?. Dalam sebuah hadis dijelaskan: “Ketika aku dibonceng Rasulullah, tiba-tiba unta beliau tergelincir. Serta merta aku mengatakan, “Celakalah setan.” Maka beliau bersabda, “Jangan kamu katakan, ‘celakalah setan,’ sebab jika kamu katakan seperti itu maka setan akan membesar sebesar rumah dan dengan sombongnya setan akan berkata; ‘itu terjadi karena kekuatanku’. Akan tetapi, ucapkanlah ‘Bismillah’ sebab jika engkau mengucapkan basmalah setan akan mengecil hingga seukuran lalat” (HR. Abu Dawud).

Menyebut Nama Allah saat Menutup Pintu dan Menutup Bejana atau Tempat Air
Supaya Anda tidak mendapat gangguan jin, senantiasa meminta perlindungan Allah, yakni dengan cara membaca bismillah atau menyebut nama Allah saat menutup pintu, tempat minum, atau bahkan kulkas, lemari, dan benda lainnya.

Dalam suatu hadis Rasulullah bersabda: “Tutuplah pintu-pintu, serta sebutlah nama Allah (saat menutupnya), lantaran setan akan tidak buka pintu yang telah terkunci dengan menyebutkan nama Allah. Tutup jugalah tempat air minum serta bejana-bejana kalian (untuk saat ini seperti lemari, bupet, kulkas serta yang lain) sembari menyebutkan nama Allah, walau kalian hanya menaruh suatu hal di dalamnya serta (saat akan tidur), matikanlah lampu-lampum kalian” (HR. Muslim).

Meruqyah dengan Ayat Alquran
Untuk menghindari gangguan dari jin, Anda juga dapat melakukan ruqyah sendiri, bahkan lebih kuat jika Anda sendiri yang melawan gangguan dari jin tersebut. Ruqyah ini bisa dilakukan setiap malam sebelum tidur.

Gabungkan dua telapak tangan, lalu dibacakan surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas, lalu tiupkan ke kedua telapak tangan. Kemudian, usapkan kedua telapak tangan itu ke seluruh tubuh yang bisa dijangkau. Dimulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan.

Setelah itu, diulang sampai tiga kali. Hal ini berdasarkan hadis dari A’isyah r.a, yang menceritakan kebiasaan Rasulullah sebelulm tidur, (HR. Bukhari 5017 dan Muslim 2192). Wallahu A’lam. (ummi-online.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.