3 Hal yang Perlu Ditanyakan Pada Diri Anda Agar Tak Malas di Pagi Hari

Avatar of PortalMadura.com
3 Hal yang Perlu Ditanyakan Pada Diri Anda Agar Tak Malas di Pagi Hari
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat matahari mulai terbit, banyak orang yang mempersiapkan segala sesuatu untuk memulai aktivitas rutinitas yang biasa dilakukan setiap hari. Namun, tidak sedikit dari beberapa orang yang justru malas atau enggan bangun pagi.

Rasanya ingin tetap terlelap dan melanjutkan mimpi yang terukir di malam hari. Bahkan, terasa tidak ingin melakukan kegiatan di paginya. Rasa malas ini tentu tidaklah baik jika dibiarkan dan diabaikan.

Lantas bagaimana cara mengatasinya?.

Cara pertama tentu saja mempercepat waktu tidur. Kalau Anda selalu tidur malam telat, atau tengah malam, sudah tentu di pagi hari masih terasa lelahnya. Selain itu, Anda bisa memotivasi diri untuk bangun pagi dengan menanyakan beberapa hal ini pada diri sendiri:

Baca Juga:  Temui Paskibraka, Bupati Sumenep Ingatkan Fokus Latihan dan Jaga Kesehatan

Sudahkah Melakukan Kebaikan atau Sedekah di Pagi Ini?
Jika belum, semoga Anda semangat untuk segera bangkit dari tempat tidur untuk melakukan kebaikan di pagi hari. Bisa jadi dengan menyediakan makanan untuk keluarga, berbagi menu sarapan untuk tetangga, memberi makan kucing atau binatang peliharaan yang sudah kelaparan karena semalaman belum makan. Ini semua terhitung sedekah, Insya Allah.

Siapkah Jika Hari Ini Adalah Hari Terakhir Anda di Dunia?
Bagaimanapun kematian adalah sebaik-baik pengingat dan pemberi pelajaran. Dengan menanyakan hal ini pada diri sendiri, setidaknya Anda akan termotivasi untuk senantiasa mempersiapkan diri menghadapi kematian.

Minimal Anda akan melafalkan zikir di pagi hari, yang bisa melindungi Anda dari gangguan setan sepanjang hari itu. Atau mulai membuka quran dan membaca tafsir ayat per ayat agar mendapatkan ketenangan batin dan petunjuk.

Baca Juga:  Lucu, Unik dan Seru, Filosofi Lomba Estafet Sarung Ibu-Ibu PKK Sumenep

Apa yang Harus Dilakukan Hari Ini Agar Kondisi Anda Lebih Baik dari Hari Kemarin?
Amalan atau target apakah yang perlu Anda sasar hari ini agar kondisi Anda lebih baik dari hari sebelumnya?. Dengan menanyakan hal ini Anda akan mengingatkan diri sendiri untuk tidak menjadi manusia yang merugi.

Pada dasarnya tidak mudah memang untuk menjaga semangat dan keistiqomahan mengisi pagi dengan amal ibadah dan amal saleh, akan tetapi sungguh berharga untuk dicoba. Semoga bermanfaat. (ummi-online.com/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.