oleh

3 Hikmah Jaga Wudu Sepanjang Hari

PortalMadura.Com – Berwudu merupakan salah satu kewajiban umat Islam saat akan mengerjakan suatu ibadah. Tujuan ritual keagamaan ini adalah untuk mensucikan diri dari hadas kecil. Misalnya, umat Muslim harus mengambil wudu terlebih dahulu sebelum mengerjakan salat.

Adapun runutan wudu dimulai dengan membaca niat wudu. Kemudian membasuh tangan, hidung dan mulut, lalu membasuh muka atau wajah, dan diikuti membasuh tangan. Selanjutnya, mengusapkan air ke rambut kepala, membasuh telinga, dan terakhir mencuci kaki.

Di akhir wudu tersebut dianjurkan membaca doa wudu, yaitu: “Asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalahu . Wa asyhadu anna Muhammadan’abduhu wa rasuuluhu Allahumma-j alnii minattabinna waj alnii minal mutathohiirina waj alnii min ‘ibadatishalihin”.

Artinya: “Aku bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah jadikanlah aku orang yang ahli taubat, dan jadikanlah aku orang yang suci, dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang saleh”.

Setelah itu, umat Islam memiliki kewajiban untuk menjaga wudunya atau menjaga kesucian hingga ibadah yang hendak dikerjakan selesai. Selain itu, ada manfaat lain dari menjaga wudu sepanjang hari. Apa saja?.

Baca Juga: Baca Doa Ini Setelah Wudu, Jangan Lupa!

Berikut tiga manfaat menjaga wudu dalam kehidupan sehari-hari, seperti dilansir Okezone.com dari laman Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN):

Tubuh Bercahaya di Hari Akhir

Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya umatku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan mereka keluar cahaya dari anggota-anggota wudu mereka karena bekas wudu mereka. Barangsiapa di antara kalian yang mampu memanjangkan cahayanya, maka lakukanlah” (H.R. Bukhari).

Menggugurkan Dosa-dosa

Seorang Muslim yang berwudu akan gugur dosa-dosanya sebagaimana diterangkan dalam hadis riwayat Muslim. Dosa-dosa itu dikatakan keluar berbarengan dengan tetesan air wudu pada bagian yang dibasuh seperti muka, tangan dan kaki.

Dikutip dari Wahdah.or.id, Sabtu (29/2/2020), Abu Hurairah r.a, Rasulullah bersabda: ’’apabila seorang muslim (atau mukmin) berwudu, maka ketika membasuh wajah, semua dosa yang telah dilihat dengan kedua matanya keluar dari wajahnya bersama tetesannya air atau bersama tetesan terakhir, ketika membasuh kedua tangannya, setiap dosa yang disebabkan pukulan tangannya keluar dari tangannya bersama tetesan air atau tetesan air terakhir, ketika membasuh kedua kakinya, setiap dosa karena perjalanan kakinya keluar bersama tetesan air atau tetesan air terakhir sehingga dia keluar dalam keadaan bersih dari semua dosa,’’(HR. Muslim).

Terhindar dari Perbuatan Maksiat

Orang yang menjaga wudu Insya Allah bisa menahan diri dari perbuatan maksiat. Sebab demi menjaga kesucian, seorang Muslim akan menghindari maksiat. Wallahu A’lam.

Rewriter : Salimah
Sumber : okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar