3 Ide Permainan Seru yang Bisa Tingkatkan Kecerdasan Sensorik Anak

Avatar of PortalMadura.com
3 Ide Permainan Seru yang Bisa Tingkatkan Kecerdasan Sensorik Anak
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini banyak orang tua yang sudah mulai pandai dalam mencari pedoman untuk mengasuh buah hatinya. Nah, salah satu cara mendidik anak yang kini banyak diterapkan para orang tua adalah . Dengan menerapkan pola asuh seperti itu, maka bisa memungkinkan anak dan orang tua untuk menjalin kedekatan dan saling ada ketertarikan yang lebih intens.

Selain itu, orang tua juga dapat memahami si kecil dengan baik, begitupula sebaliknya. Maka dari itu, untuk mulai menerapkan mindful parenting, orang tua bisa mengajak anak bermain bersama. Orang tua perlu memberikan permainan yang dapat merangsang kecerdasan sensorik si kecil. Misalnya, permainan membuat kerajinan tangan yang menggunakan mainan bertekstur, warna-warni, dan bentuk-bentuk yang unik. Seperti yang diketahui, mainan slime bisa merangsang sensorik anak, namun orang tua bisa memilih permainan lainnya yang tidak harus lengket dan berlendir.

Nah sebelum melakukannya, orang tua perlu memahami tentang apa itu kegiatan sensorik. Kegiatan tesebut adalah aktivitas yang merangsang indera anak seperti sentuhan, bau, rasa, gerakan, keseimbangan, penglihatan, serta pendengaran yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Baca Juga: 3 Faktor yang Harus Orang Tua Pahami dalam Mindful Parenting

Permainan sensorik ini bisa membantu perkembangan bahasa, pertumbuhan kognitif, keterampilan motorik halus dan kasar, keterampilan pemecahan masalah, dan interaksi sosial. Selain itu, permainan ini juga dapat membantu menghilangkan kecemasan dan stres pada anak.

Berikut ini tiga ide permainan seru orang tua dan anak yang dapat meningkatkan kecerdasan sensorik si kecil selain slime, seperti dilansir Fimela.com dari SheKnows:

Membuat Beras Pelangi

Untuk membuat permainan seperti ini, orang tua perlu menyiapkan beras, bahan pewarna merah, kuning, hijau, dan biru layaknya pelangi. Kemudian, tempatkan pada mangkuk dan siapkan sendok. Anak bisa menyusun beras-beras tersebut sesuai warnanya dan menghasilkan sebuah pelangi.

Sedangkan orang tua bisa memberikan contoh dengan membuat terlebih dahulu, lalu lihat bagaimana anak berkreasi. Beras warna-warni ini juga bisa diganti dengan kacang merah, kacang hijau, hingga bulir jangung mentah.

Membuat Karya Seni dari Sabun Warna-warni

Pada permainan ini, orang tua harus menyediakan cat, sabun, air, dan sedotan. Ajak anak untuk mencampurkan sabun, air, dan cat sesuai keinginannya. Lalu, tiup dengan sedotan sehingga menghasilkan karya seni berupa tekstur balon-balon pada sabun. Hal ini akan sangat menarik bagi anak-anak. Lakukan pada anak yang sudah mulai besar karena mainan ini bisa berbahaya jika terisap.

Membuat Mainan Glow In The Dark

Benda-benda yang glow in the dark dipercaya dapat merangsang si kecil lebih fokus. Hal ini juga menjadi sangat menyenangkan bagi sang anak. Orang tua bisa menggunakan pasta, cat glow in the dark, tusuk kayu, dan tambahan mata palsu untuk boneka.

Untuk memudahkan si kecil, orang tua bisa merangkai bahan-bahan berbentuk kupu-kupu. Setelah itu, anak bertugas mewarnai kupu-kupu dan lihat bagaimana mainan tersebut akan menyala di dalam kamar saat keadaan gelap. Permainan ini juga akan merangsang kreativitas si kecil dan bisa membuatnya bersemangat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.