oleh

3 Jenis Makanan yang Dipercaya Ampuh Atasi Jerawat

PortalMadura.Com – Salah satu permasalahan kulit yang tidak pernah lekang oleh waktu, yaitu jerawat. Timbulnya jerawat terutama di wajah tentu bisa membuat penampilan kurang maksimal. Tidak heran, jika banyak kaum hawa yang mengalami stres akibat permasalahan ini.

Khususnya bagi seseorang yang beranjak dewasa, mereka akan lebih rentan terkena jerawat membandel di wajah karena berbagai polusi dan kotoran. Seperti dikutip Detik.com dari Healthline, bahwa munculnya jerawat disebabkan karena sumbatan penghasil minyak, bakteri, dan peradangan.

Studi menjelaskan bahwa zat gizi seng dapat secara efektif mengobati jerawat, mengurangi peradangan, menghambat pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes pemicu jerawat, dan menekan aktivitas kelenjar minyak. Untuk itu, orang dengan jerawat cenderung memiliki kandungan seng yang rendah. Karena itu, sangat dianjurkan mengonsumsi suplemen yang mengandung seng.

Baca Juga: 6 Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Nah, tiga bahan makanan berikut ini disebut kaya akan seng sehingga dapat membantu tubuh Anda memenuhi kebutuhan seng. Berikut uraiannya:

Daging

Daging adalah sumber seng yang sangat baik, terutama daging sapi yang mengandung 4.8 mg seng tiap 100 gram dan dapat memenuhi 4.4% kebutuhan seng harian.

Tiram

Tiram juga mengandung kadar seng yang sangat tinggi. Seseorang yang mengonsumsi 3 tiram akan mendapatkan 16 mg seng dan itu telah memenuhi kebutuhan seng harian.

Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang pinus, kacang tanah, kacang mete, dan kacang almond dapat meningkatkan asupan seng. Kacang mete adalah yang terbaik karena setiap 1 ons (28 gram) mengandung 15% dari kebutuhan seng harian.

Dari beberapa sumber makanan yang disebutkan di atas dipercaya dapat memenuhi kebutuhan seng harian Anda yang sekaligus dapat mencegah timbulnya jerawat membandel di wajah.

Rewriter : Salimah
Sumber : detik.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar