oleh

3 Keistimewaan Baca Surah Al-Kahfi di Hari Jumat

PortalMadura.Com – Surah ke-18 dalam Alquran yaitu surah Al-Kahfi. Surah ini termasuk golongan surah Makkiyah dan terdiri dari 110 ayat.

Ada beberapa manfaat dan keistimewaan jika umat Islam membaca dan mengamalkan surah Al-Kahfi. Hal ini juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang dikutip dari buku berjudul Berdzikirlah! Pasti Hatimu akan Tenang karya Nurul Qamariyah, berikut penjelasannya:

Hati Akan Ditentramkan dari Segala Musibah

Dalam sebuah Hadis Riwayat Hakim dan Baihaqi, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untukmya antara dirinya hingga Baitul Atiq.” (HR. Hakim dan Baihaqi).

Pancaran cahaya itu merupakan simbol bersihnya hati dan jiwa terbebas dari segala mara bahaya. Pancaran cahaya itu ialah tangga yang selalu diusahakan oleh orang-orang yang beriman, kendati tidak semua mendapatkannya. Para nabi, sahabat, dan orang- orang salih pasti memiliki pancaran cahaya tersebut dalam kehidupan mereka.

Oleh karena itu, agar bisa mengikuti jejak mereka, maka salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu membaca surat al-Kahfi. Dengan membaca surat itu dan mengamalkannya dengan penuh ketulusan, maka Allah Swt, akan memancarkan cahaya sebagai simbol kebersihan jiwa sebagaimana dialami oleh orang-orang salih.

Diampuni Dosanya Antara Dua Jumat

Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang membaca surat al-Kahfi pada malam Jumat. Inilah fadhilah yang harus dijadikan pelecut semangat agar hati tidak mudah gundah.

Pengampunan Allah SWT merupakan anugerah besar yang sepatutnya diharapkan dalam hidup. Sebab, tanpa ampunan-Nya, niscaya dalam hidup ini akan menjadi orang- orang yang rugi.

Karena itu, bacalah surat al-Kahfi terutama pada malam Jumat agar mendapatkan ampunan-Nya. Abu Bakar bin Mardawaih dalam tafsirnya meriwayatkan sebagai berikut: “Siapa yang membaca surat Al-Kahf pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat.”

Terhindar dari Fitnah Dajjal

Fitnah Dajjal merupakan seburuk-buruk fitnah, dan umat Islam harus berlindung kepada Allah SWT dari keburukan Dajjal. Oleh karena itu, salah satu media yang diberikan oleh Allah SWT agar terbebas dari fitnah- fitnah kejam itu ialah lewat perantara surat al-Kahfi.

Dalam riwayat yang lain juga disebutkan, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR. Darimi).

 

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Okezone.com

Komentar