oleh

3 Khasiat Teh Hijau Bagi Kesehatan Rambut

PortalMadura.Com – Teh hijau merupakan hasil dari olahan daun teh yang berasal dari tanaman Camellia sinensis. Teh yang dipopulerkan dari negara Tiongkok ini dikenal memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tidak hanya dimanfaatkan sebagai bagian dari penyembuh beberapa penyakit, teh ini ternyata juga bisa digunakan untuk rambut Anda. Sebab, dalam teh hijau dikenal sebagai sumber antioksidan polifenol yang kuat. Jadi, tidak heran jika ia digunakan dalam produk perawatan rambut.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya, ini dia sejumlah khasiat yang ditawarkan teh hijau untuk kesehatan rambut Anda sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (11/2/2020) dari laman Hellosehat.com berikut ini:

Membantu Mencegah Kerontokan Rambut

Kerontokan rambut adalah kondisi yang pernah dialami oleh semua orang. Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti stres, diet, atau perubahan hormon. Nah, salah satu manfaat teh hijau untuk rambut yaitu membantu mencegah kerontokan rambut tersebut.

Pasalnya, kandungan teh hijau yang kaya akan katekin ini ternyata membantu menekan pembentukan hormon dihidrotestosteron. Hormon androgen yang biasanya memiliki kadar yang cukup tinggi pada pria ini dikenali sebagai penyebab kerontokan rambut.

Oleh karena itu, katekin yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu mencegah kerontokan rambut dengan menekan produksi hormon androgen dalam tubuh Anda.

Walaupun demikian, penelitian lebih teknis mengenai efek teh hijau untuk mengatasi masalah kerontokan masih perlu dilakukan. Terutama mengenai jumlah dan waktu pemakaiannya. Jadi, bagi Anda yang masih ragu, lebih baik tanyakan dulu pada ahlinya agar tidak terjadi kesalahan.

Mendukung Pertumbuhan Rambut

Tidak hanya bisa mencegah kerontokan, teh hijau juga dapat mendukung pertumbuhan rambut Anda. Sebagaimana menurut sebuah penelitian dari jurnal Phytomedicine, unsur utama polifenol pada teh hijau, yakni epigallocatechin-3-gallate (EGCG). Hal ini dinilai dapat mempercepat rambut tumbuh.

Kenapa bisa demikian?. Sebab, EGCG tersebut berperan sebagai pemicu pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel rambut dan mencegah kerusakan pada kulit serta sel rambut.

Oleh karena itu, temuan ini dijadikan salah satu faktor mengapa teh hijau sering digunakan pada produk perawatan rambut, khususnya untuk mengatasi kerontokan.

Akan tetapi, perlu dipastikan lagi apakah efek teh yang mengandung anti mikroba ini bisa dipakai juga untuk orang yang mengalami kerontokan rambut akibat hormon.

Membantu Memenuhi Nutrisi Rambut

Selain mengatasi kerontokan dengan mempercepat pertumbuhan rambut, ternyata manfaat teh hijau untuk rambut lainnya adalah memenuhi nutrisi rambut.

EGCG yang terkandung dalam teh hijau menghambat aktivitas hormon yang menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Selain itu, teh hijau juga membantu melancarkan aliran darah yang mempercepat pertumbuhan rambut.

Baca Juga : Gunakan Teh Hijau Sebagai Toner Wajah untuk Kecantikan Kulit

Temuan ini dibuktikan oleh para peneliti dari University of Witten-Herdecke. Mereka mengungkapkan bahwa, kandungan polifenol dalam minuman teh hijau meningkatkan aliran darah di kulit dan penyaluran oksigen ke otak sebesar 29%.

Khasiat tersebut sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut karena oksigen dan nutrisi yang dikirim ke kulit dapat merangsang folikel rambut. Dengan minum teh hijau, kebutuhan nutrisi kulit kepala Anda jadi terpenuhi dan rambut jadi lebih sehat.

Tips Memaksimalkan Manfaat Teh Hijau untuk Rambut

Sudah tahukah Anda bagaimana cara memanfaaatkan teh berkhasiat ini untuk rambut?. Ini dia beberapa caranya menggunakan teh hijau untuk rambut Anda:

1. Keramas dengan Sampo dan Kondisioner Ekstrak Teh Hijau

Salah satu cara memaksimalkan manfaat teh hijau untuk rambut adalah memilih sampo dan kondisioner yang mengandung ekstrak daun tersebut. Jangan lupa juga untuk mengoleskan sampo dan kondisioner teh hijau hingga akar rambut Anda dan gosok dengan perlahan.

Jika menggunakan kondisioner atau masker teh hijau, biarkan selama 3-10 menit sesuai dengan instruksi produk perawatan.

2. Membuat Cairan Teh Hijau untuk Rambut di Rumah

Selain memilih sampo dan kondisioner yang mengandung ekstrak teh hijau, Anda juga bisa memaksimalkan manfaat ini dengan membuat cairan teh hijau. Yuk ikuti langkah-langkah membuatnya:

Masukan 1-2 kantong teh hijau ke air yang mendidih. Biarkan kantong teh hijau diresap oleh air selama 5 menit. Setelah suhunya berkurang, oleskan cairan tersebut pada rambut Anda usai mandi.

Perlu Anda tahu, teh hijau memang menawarkan manfaat yang baik untuk pertumbuhan rambut. Namun, perlu diingat bahwa ketika Anda memiliki kondisi medis tertentu terkait dengan masalah rambut, maka lebih baik konsultasikan ke dokter dulu sebelum rutin menggunakan teh hijau.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Hellosehat.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar