3 Langkah Penting untuk Penggunaan Smartphone Harian, Jangan Diabaikan!

Avatar of PortalMadura.com
3 Langkah Penting untuk Penggunaan Smartphone Harian, Jangan Diabaikan!
Ilustrasi (kolahero.com)

PortalMadura.Com – Sebagian orang bilang, jika tidak menggunakan sehari saja rasanya hampa dan sepi. Bagaimana tidak, penggunaan smartphone semakin hari kian menjamur dan berbagai fitur yang ditawarkan di dalamnya pun menarik perhatian penggunanya.

Belum lagi harganya yang semakin murah, tidak ayal jika smartphone disebut sebagai gadget wajib masa ini. Tapi dalam penggunaannya, terkadang sebagian orang masih mengabaikan beberapa hal sederhana. Padahal, hal-hal itu penting untuk diperhatikan.

Apa saja hal penting itu?. Berikut ini 3 (tiga) hal yang penting Anda ingat untuk pemakaian harian smartphone, seperti dilansir PortalMadura.Com, Kamis (6/2/2020) dari laman Liputan6.com:

Kunci Layar

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dan kadang disepelekan yaitu kunci layar. Sekarang ini, mungkin Anda masih menemukan orang yang tidak menerapkan kunci layar pada smartphone mereka. Padahal, saat ini ada beberapa metode kunci layar dan ini penting untuk mengamankan smartphone dari tangan jahil.

Bayangkan saja, ketika smartphone Anda terjatuh dan kunci layar tidak aktif, maka siapa pun yang menemukan smartphone itu, bisa dengan mudah mengakses aplikasi dan data di dalamnya. Bagaimana jika smartphone Anda itu jatuh ke tangan jahil?. Bukan tidak mungkin akan memanfaatkannya pada hal-hal negatif.

Gunakan VPN pada Jaringan WiFi Terbuka

Seiring dengan maraknya penggunaan smartphone, jaringan WiFi gratis pun juga banyak ditemukan di tempat-tempat publik seperti bandara, kafe, dan sebagainya. Salah satu tujuannya untuk semakin mempermudah penggunanya mengakses informasi.

Namun tidak jarang, jaringan WiFi itu bersifat terbuka. Oleh sebab itu, ketika Anda menghubungkan smartphone dengan jaringan WiFi terbuka, sebaiknya Anda menggunakan VPN demi keamanan.

Tautan Berbahaya

Tautan berbahaya biasanya dapat mudah ditemukan di situs web yang memuat konten ilegal. Klik pada salah tautan itu bisa membuat Anda kerepotan karena bisa saja smartphone Anda malah terpasang malware atau aplikasi berbahaya lainnya.

Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak mengunjungi situs web yang menyediakan konten ilegal karena dua hal yaitu konten di dalamnya ilegal dan alasan keamanan yang menghantui Anda.

Baca Juga : Lindungi Smartphone dengan 5 Cara Mudah Ini

Bagaimana, sudah tahu kan cara yang aman menggunakan smarphone sehari-hari?. Beberapa hal itu mungkin terlihat biasa, tapi jika diabaikan dan dibiarkan begitu saja bisa jadi akan merusak smartphone Anda itu.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.