3 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Secara Mentah

Avatar of PortalMadura.com
3 Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Secara Mentah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengonsumsi yang ternyata tidak selalu baik. Memang, ada sebagian makanan yang sebaiknya dikonsumsi secara mentah untuk mendapatkan nutrisi makanan yang utuh.

Namun, ada pula beberapa makanan yang dilarang dikonsumsi secara mentah karena punya risiko untuk kesehatan. Sebab, makanan-makanan itu mengandung racun alami, sehingga bisa mengakibatkan gangguan pencernaan bila dikonsumsi.

Berikut tiga makanan yang dilarang dikonsumsi secara mentah:

Susu
Susu sapi atau dari hewan lain disarankan untuk tidak dikonsumsi langsung. Jika tidak diolah terlebih dahulu bisa mengandung bakteri, seperti E. coli dan Salmonella.

Kentang
“Mengonsumsi kentang mentah dapat menyebabkan kembung dan efek gastrointestinal yang tidak diinginkan. Hal ini terjadi karena kentang mengandung zat tepung yang tidak bisa dicerna sistem pencernaan,” kata ahli nutrisi, Lisa Davis.

Kacang Merah
Kacang merah merupakan salah satu makanan sehat, tapi kalau dikonsumsi saat mentah tentu berbahaya. Bila tidak sengaja dimakan mentah, bisa menyebabakan malapetaka pada perut.

“Kacang merah mentah mengandung racun phytohemagglutinin yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gejala gastorintestina serupa keracunan makanan,” kata Davis. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.