5 Tips Untuk Atasi Anak yang Mulai Suka Pada Lawan Jenis

Avatar of PortalMadura.Com
5 Tips Untuk Atasi Anak yang Mulai Suka Pada Lawan Jenis
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mempunyai yang sudah beranjak dewasa menjadikan orang tua harus lebih bijaksana menghadapi siatuasi apapun. Apalagi jika anak sudah memiliki rasa tertarik, suka atau jatuh cinta pada , sebagai orang tua akan mulai galau untuk mengatasi hal tersebut.

Tidak usah khawatir, sebagai orang tua Anda bisa melakukan beberapa hal ini, agar Anda dan anak merasa nyaman saat berada dalam fase ini. Apa saja?.

Memahami Fase Pubertas atau Perkembangan Anak
Sebagai orang tua Anda perlu memahami fase pubertas ini dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada anak termasuk psikologisnya. Lakukanlah pendekatan kepada anak dengan melihat keadaan psikologisnya.

Tetap Bersikap Waspada dan Berilah Anak Pengertian Tentang Pacaran
Berikanlah pemahaman bahwa dalam islam tidak mengenal pacaran. Anda dapat menjelaskan hal tersebut dengan baik dan hubungan yang terjalin saat pacaran hanya bersifat sementara serta tanpa komitmen. Tuntun sang anak untuk mengerti dan paham akan hal tersebut. Berikanlah dukungan, perhatian dan selalu waspada serta peka terhadap segala perubahan yang terjadi pada sang anak.

Jadilah Teman Curhat yang Menyenangkan Bagi Sang Anak
Ketika sang anak mulai terbuka terhadap perasaan yang dialaminya, kita harus menjadi teman curhat yang menyenangkan baginya. Berilah pengertian dan perhatian serta dengarkan bagaimana pendapat dan keluh kesah mengenai perasaan yang dirasakannya. Sayyidina Ali radhiyallahu anhu mengajarkan agar mendidik anak sesuai usianya yakni tujuh tahun pertama jadikan anakmu “raja”, tujuh tahun kedua didik dan disiplinkan mereka seperti tentara, dan tujuh tahun ketiga posisikan mereka seperti teman.

Jalinlah Komunikasi yang Baik dan Erat
Ketika telah menjadi teman curhat bagi sang anak, tetap jalin hubungan baik tersebut. Jaga komunikasi dengan baik dan erat kepada sang anak. Dengan menjalin komunikasi yang erat dan baik Anda telah memberikan perhatian, kasih sayang dan kewaspadaan kepada sang anak agar dapat memantaunya atas perasaan jatuh cinta yang sedang dimilikinya.

Mulailah Mengenalkan Kriteria Jodoh Islami
Saat anak jatuh cinta dan membuka dirinya untuk bercerita kepada orang tua adalah suatu keberanian yang luar biasa. Ketika sang anak curhat, sisipkan pesan yang mengenalkannya pada kriteria jodoh. Terdapat 3 garis besar kriteria jodoh islami, yakni baik agamanya, berilmu dan baik akhlaknya, serta bertanggung jawab. Anda dapat memberikan pemahaman kriteria tersebut dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak. Berikan motivasi dan arahan kepada anak untuk mengikuti kegiatan positif.

Terlepas dari gejolak rasa jatuh cinta yang dirasakan oleh sang anak, Anda dapat membimbingnya dan memberikan motivasi serta arahan untuk mengikuti kegiatan yang lebih positif. Hal ini juga berguna bagi sang anak untuk mengoptimalkan waktu yang dimilikinya dibanding galau dengan perasaannya. Selain itu juga memanfaatkan potensi dan usia produktif yang dimiliki sang anak. (ummi-online.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.