3 Manfaat Kapur Sirih Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Avatar of PortalMadura.com
3 Manfaat Kapur Sirih Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Siapa yang tak kenal dengan . Bubuk berwarna putih keabu-abuan ini dikenal sejak dulu sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah . Mulai dari memutihkan ketiak, memperkuat gigi, menghilangkan bau badan, hingga dijadikan campuran ke dalam bahan masakan.

Kapur sirih terbuat dari cangkang kerang kepah yang dibakar dengan potongan kulit kayu selama sekitar 10 sampai 11 jam. Setelah itu, cangkang kerang kepah masuk dalam proses penghancuran dengan air, lalu dihaluskan hingga menjadi bubuk putih kapur sirih.

Bagi Kesehatan

Berikut 3 manfaat kapur sirih yang dilansir dari laman DokterSehat.Com, Selasa (19/5/2020)

Perawatan Gigi
Kapur sirih mengandung kalsium hidroksida yang baik untuk perawatan gigi. Dalam kedokteran gigi, kalsium hidroksida digunakan untuk memperbaiki saluran akar gigi (Root Canal) dan melindungi pulpa gigi yang rusak. Hal ini karena kasium hidroksida memiliki sifat sebagai agen anti bakteri dan mineralisasi.

Meluruskan Rambut Yang Keriting
Bagi Anda yang punya rambut bergelombang atau pun keriting dan sedang mendamba-dambakan punya rambut lurus, kapur sirih mungkin bisa membantu. Kalsium hidroksida dapat membantu meluruskan rambut yang keriting karena bahan satu ini berfungsi untuk memecah ikatan sidulfide yang menghubungkan sistein, yaitu asam amino yang banyak terkandung pada rambut keriting. Ketika ikatan sidulfide terpecah, proses ini akan secara permanen mengubah struktur fisik rambut keriting menjadi lebih lurus, halus, dan mudah diatur.

Campuran Produk Makanan
Banyak orang menggunakan kapur sirih untuk membuat makanan jadi lebih renyah dan adonan lebih kalis. Tak hanya terbatas pada produk makanan, kalsium hidroksida juga bisa digunakan dalam pemrosesan beberapa minuman ringan dan minuman beralkohol.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.