oleh

Cukup Dengan 5 Cara Ajarkan Anak Senang Salat Tarawih

PortalMadura.Com – Pada umumnya Anak usia sekitar 3-5 tahun sudah semakin pandai mempelajari sesuatu yang baru, termasuk tentang kalimat perintah, ajakan, dan larangan. Masa ini menjadi momen yang tepat untuk memperkenalkan anak pada ibadah wajib dan sunah, salah satunya Salat Tarawih di bulan Ramadan seperti saat sekarang ini.

Jika Anda sekalian sedang dalam tahap mengajak anak untuk ikut Salat Tarawih di Masjid, nah berikut tips cara mengajak anak senang Salat Tarawih, yang di lansir dari laman Idntimes.Com, Selasa (19/5/2020).

Siapkan Perlengkapan Salat Favorit Anak
Perlengkapan Salat anak sebaiknya sudah disiapkan dalam keadaan bersih dan wangi agar anak bisa lebih semangat. Pilihkan juga perlengkapan Salat favoritnya apabila anak memiliki lebih dari satu macam. Letakkan dalam tas kepunyaan anak supaya anak makin antusias.

Pilih Masjid Ramah Anak
Beberapa Masjid terkadang tidak mengizinkan anak di bawah umur untuk Salat di dalamnya karena khawatir akan mengganggu jemaah lain. Oleh karena itu pilihlah Masjid yang lebih ramah anak. Biasanya, Masjid dengan jemaah yang tidak terlalu banyak akan lebih nyaman untuk membawa anak Salat Tarawih di sana.

Membawa Air Minum
Membawa sebotol air minum bisa mengatasi keinginan anak yang tiba-tiba meminta minum saat masih di Masjid. Letakkan dalam botol atau tumbler supaya gak gampang tumpah.

Membawa buku atau mainan kesukaan anak
Buku atau mainan anak biasanya menjadi senjata ampuh untuk bikin anak anteng saat dia sudah mulai bosan mengikuti gerakan salat tarawih. Namun, buku atau mainan ini sebaiknya Anda keluarkan belakangan saat anak tampak sudah mulai gelisah atau rewel. Kalau anak masih bisa dikondisikan tanpa menggunakan buku atau mainan, sebaiknya gak perlu diberikan. Tujuannya, agar anak bisa belajar fokus dan memperhatikan tujuan utama datang ke masjid yaitu untuk salat tarawih, bukan untuk membaca buku atau bermain.

Jangan Paksa Anak Jika Sudah Bosan
Jika anak ternyata sudah tampak jenuh dengan kondisi di Masjid dan mulai menangis atau rewel, sebaiknya jangan paksa anak untuk tetap berada di Masjid untuk tetap Salat Tarawih. Relakan malam tersebut untuk tidak mengikuti Salat Tarawih di Masjid sampai selesai. Segeralah pulang dan lanjutkan Salat di rumah.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Idntimes.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar