oleh

3 Manfaat Luar Biasa Buah Manggis untuk Kecantikan

PortalMadura.Com – Buah manggis merupakan buah yang diyakini mempunyai banyak manfaat baik dagingnya maupun kulitnya. Buah ini selalu dijadikan sebagai obat herbal untuk kesehatan. Buah manggis berasal dari nama ilmiah Garcinia, khasiat buah manggis berasal dari senyawa alami polifenol yang dikenal sebagai xanthones. Jenis dari xanthones dalam buah manggis, yaitu alpha dan gamma.

Xanthone merupakan obat yang efektif untuk memerangi berbagai penyakit kardiovaskular, memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas, memperlambat penuaan, menangkal penyakit degeneratif, serta kerusakan fisik dan mental.

Selain baik untuk kesehatan buah manggis juga memiliki kandungan manfaat bagi kecantikan. Dilansir PortalMadura.Com, Selasa ( 17/03/2020), dari laman Merdeka.com. Berikut manfaat buah manggis untuk kecantikan:

Mengobati Jerawat

Sifat antibakteri alami dan senyawa antimikroba yang terdapat di dalam buah manggis sangat efektif dalam mengobati banyak masalah kulit. Misalnya, dapat menghilangkan noda gelap di kulit wajah, mengatasi kulit kering, kulit berminyak, mengobati jerawat.

Selain sifat antibakteri alami, kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah manggis juga sangat efektif untuk menjadikan kulit lebih segar dan sehat.

Baca Juga : Kenali 10 Manfaat Buah Manggis Putih Bagi Kesehatan

Memperbaiki Sel

Senyawa xanthone dalam kulit buah manggis ternyata merupakan paling tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Senyawa xanthone mampu menyembuhkan penyakit kulit, memperbaiki sel tubuh yang rusak serta melindunginya dari kerusakan.

Menjadikan Kulit Awet Muda

Perlu Anda sadari penuaan biasanya terjadi karena proses oksidasi yang diakibatkan oleh radikal bebas. Oleh karena itu, Anda dibutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas nantinya.

Ternyata buah manggis mengandung antioksidan yang tinggi seperti catechin (antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau). Jika Anda mengonsumsi buah ini secara teratur, maka kulit Anda akan menjadi lebih awet muda.

Perlu Anda ketahui jus yang terbuat dari kulit manggis mampu membuat kulit Anda akan terasa lebih kencang dari sebelumnya, dan perlu diingat juga wanita yang sedang hamil harus bisa menghindari mengonsumsi buah manggis ini, karena bisa menimbulkan efek samping yang berdampak bagi janin. Semoga bermanfaat!

Rewriter : Azizah
Sumber : Merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar