oleh

3 Manfaat Tea Tree Oil untuk Kecantikan Kulit

PortalMadura.Com – Minyak pohon teh atau yang disebut tea tree oil merupakan salah satu minyak herbal yang diekstrak dari batang tanaman teh. Minyak jenis ini memiliki sifat antibakteri dan antiseptik.

Kandungan terpinen-4-ol, eucalyptol, cineole, nerolidol, dan viridiflorol di dalam tea tree oil ampuh untuk mencegah dan mengusir bakteri serta jamur. Karena itulah, tea tree oil bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan mengatasi jerawat.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Selain itu, tea tree oil efektif untuk mengatasi rasa gatal dan kulit berminyak. Juga efektif untuk menenangkan kulit yang bermasalah dengan kekeringan dan eczema. Walaupun begitu, tea tree oil tidak seharusnya diaplikasikan langsung pada kulit. Sebab, tea tree oil cukup keras untuk kulit.

Jadi, sebaiknya tea tree oil ini diencerkan terlebih dahulu dengan minyak carrier. Misalnya saja minyak zaitun, minyak kelapa, minyak alpukat, atau minyak almond.

Caranya, tea tree oil dengan takaran 1 atau 2 tetes bisa diencerkan dengan 12 tetes minyak carrier. Selain itu, hati-hati dalam menggunakan tea tree oil di area sekitar mata. Pasalnya, tindakan ini bisa menimbulkan iritasi dan ruam murah.

Nah, berikut ini tiga manfaat tea tree oil untuk kecantikan kulit:

Tea Tree Oil untuk Kulit Berminyak
Sifat antiseptik yang dimiliki tea tree oil membuatnya cocok untuk mengatasi kulit berminyak. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016 menunjukkan, bahwa penggunaan tabir surya yang mengandung tea tree oil selama 30 hari telah memperbaiki kondisi kulit berminyak.

Jika Anda ingin menggunakan tea tree oil untuk mengatasi kulit berminyak, campurkan beberapa tetes ke dalam toner, pelembap, atau tabir surya yang biasa Anda gunakan. Bisa juga dengan mencampurkan beberapa tetes ke dalam bentonite clay untuk masker.

Tea Tree Oil untuk Kulit Kering dan Eczema
Tea tree oil bisa membantu menenangkan kulit kering dengan mengatasi rasa gatal dan iritasi yang menyertainya. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa tea tree oil lebih efektif dari pada krim zinc oxide dan clobetasone butyrate dalam merawat kulit eczema.

Campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan pelembap atau minyak carrier. Oleskan pada kulit yang kering atau menderita eczema segera setelah mandi. Lakukan perawatan ini minimal sehari sekali.

Baca Juga: 2 Manfaat Tea Tree Oil untuk Hilangkan Ketombe

Tea Tree Oil untuk Gatal di Kulit
Sifat antiinflamasi yang dimiliki tea tree oil membuatnya ampuh untuk mengatasi rasa gatal pada kulit. Minyak ini juga membantu mengatasi infeksi jamur atau bakteri yang menyebabkan rasa gatal tersebut. Khasiat ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan pada tahun 2012.

Caranya, campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan pelembap atau minyak carrier, kemudian oleskan pada kulit yang terasa gatal beberapa kali dalam sehari.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar