oleh

3 Pengemis Asal Pragaan Sumenep Digaruk Petugas Pamekasan

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dalam razia Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) yang dilakukan Satpol PP bersama Dinsosnakertrans Pamekasan Madura, Jawa Timur berhasil menggaruk tiga pengemis asal Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Selasa (23/6/2015).

Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Pamekasan, Ach Subaidi mengaku berhasil merazia 17 Gepeng yang yang beroperasi di pasar, tempat hiburan dan di sejumlah swalayan.

“Setelah kami data, ternyata ada tiga pengemis dari luar Pamekasan. Yaitu asal Kecamatan Pragaan. Sementara sisanya dari Desa Branta Tinggi dan Desa Panglegur Kecamatan Tlanakan,” katanya.

Menurutnya, keberadaan pengemis bukan lagi persoalan kemiskinan, melainkan masalah pola pikir atau mental. Tak pelak, kondisi tersebut berakibat pada sulitnya menertibkan pengemis.

“Kami dari Dinsos pernah memberikan program untuk memberdayakan mereka, tapi karena mainsetnya belum dapat dirubah mereka kembali kejalanan. Penanganan jangka pendek tetap akan dilakukan penertiban, kalau jangka pangjangnya, kami masih mencari formulanya yang terbaik,” tandasnya.

Untuk pengemis dari Pragaan Sumenep, pihaknya harus berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) setempat. Kemudian akan mengadakan serah terima agar yang bersangkutan tidak mengulagi kebiasaan buruknya kembali. (Marzukiy/har)



Komentar