3 Penyakit Hidup yang Perlu Umat Islam Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
3 Penyakit Hidup yang Perlu Umat Islam Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Dalam hidup pasti ada masalah, bisa atau tidak diselesaikan itu yang perlu dipahami. Karena ada beberapa faktor yang membuat masalah bisa menjadi yang sulit disembuhkan. Apabila itu sudah terjadi pada diri seseorang, maka harus lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, berdoa dan berikhtiar.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (16/12/2019) dari laman republika.co.id yang dikutip dari kitab Bahjatul Majalis wa Ansul Majalis. Berikut beberapa yang sulit disembuhkan dalam hidup:

Kemiskinan karena Malas

“Sesungguhnya Allah SWT sudah bersumpah bahwa diriNya tak akan mengubah suatu kaum/orang apabila tak ada usaha dan upaya dari orang tersebut” (Ar Ra'd, 11). Untuk itulah sesungguhnya, kemiskinan yang didapat sebagai takdir seseorang bisa diubah asal diiringi dengan ikhtiar dan doa.

Namun apabila kemalasan justru melekat beriringan dengan kemiskinan tersebut, maka penyakit hidup seseorang yang menjalaninya tidak kunjung pulih. Kaya atau miskin itu sejatinya hanyalah persoalan mentalitas. Mental orang miskin cenderung akan mengkritik minimnya rezeki dan kesempatan yang ia punya, sementara mentalitas orang kaya akan terus berjuang apapun rintangan hidup yang dihadapi.

Baca Juga: Pria Sampang Rudapaksa Anak Bawah Umur

Permusuhan yang Dibarengi Kedengkian

Islam merupakan agama perdamaian, persatuan meski dalam perbedaan, dan juga agama tolong-menolong. Sikap saling bermusuhan yang dibarengi dengki sejatinya akan mengakar kuat dan menimbulkan gejolak penyakit hati.

Padahal, apabila bisa saling bersatu, permusuhan dan dengki bisa dikubur dalam-dalam. Dengan bersatu, kelak akan tercipta suasana kebaikan yang bermuara pada keberhasilan. Seperti kata-kata bijak Arab berikut: “Al-ittihadu asasun-najahi,”. Yang artinya: “Persatuan adalah pangkal keberhasilan.”

Sakit fisik yang Disebabkan Faktor Usia

Orang yang lanjut usia memiliki kesempatan fisik yang minim dan kekurangan imunitas tubuh. Untuk itu apabila penyakit fisik mendera di kala usia tua, maka penyembuhnya akan sulit didapatkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.