3 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kanan Atas

Avatar of PortalMadura.com
3 Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kanan Atas
Ilustrasi

PortalMadura.Com bagian kanan atas merupakan masalah yang sudah lumrah terjadi, baik pria maupun wanita. Biasanya hal ini disebabkan karena cedera otot di sekitar leher, dan bahu. Apabila nyeri itu sembuh hanya dengan beberapa hari mungkin tidak jadi masalah.

Namun, jika rasa sakit itu masih berlarut-larut atau berlangsung lama pastinya Anda akan merasa khawatir. Jadi segera tangani atau memeriksakannya ke dokter. Lantas, apa saja penyebab rasa sakit mendera punggung kanan bagian atas?.

Beberapa hal berikut ini bisa jadi penyebabnya:

Cedera Tulang dan Otot
Tulang belikat, selangka, rusuk, serta bagian tulang leher dan otot yang terletak di leher, bahu, dan punggung yang menopang kepala bagian atas dapat mengalami cedera.

Tidak hanya akibat kecelakaan atau trauma benturan, postur yang buruk akibat dari gaya hidup sedenter atau menggunakan otot secara berlebihan (overuse) juga turut menjadi penyebab nyeri punggung atas.

Baca Juga Sakit Punggung Sebelah Kiri? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gangguan Paru-Paru
Uniknya, nyeri pada punggung kanan atas bisa disebabkan oleh masalah yang menimpa paru-paru. Contoh infeksi paru yang dapat menimbulkan nyeri di sekitar punggung atas adalah pneumonia dan pleuritis. Nyeri yang menjalar akibat kanker atau pertumbuhan tumor paru juga bisa menyebabkan keluhan ini.

Penyebab Lain
Masalah-masalah kesehatan terkait organ seperti kantung empedu, hati, dan pankreas bisa menyebabkan nyeri pada punggung bagian kanan. Nyeri yang muncul ini biasa disebut nyeri alih (referred pain).

Selain itu, masalah pada indung telur dan tuba falopi juga dapat menyebabkan hal yang sama. Misalnya akibat kista ovarium atau kehamilan ektopik. Intinya, jangan abaikan kondisimu. Penanganan sedini mungkin dapat memberikan hasil optimal. (okaydoc.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.