3 Resolusi Keuangan yang Perlu Diterapkan di Tahun 2022

  • Bagikan
3-Resolusi-Keuangan-yang-Perlu-Diterapkan-di-Tahun-2022
Ilustrasi (qubisa.com)

PortalMadura.Com – Tahun sudah berganti, biasanya sejumlah orang menentukan resolusi hidupnya, salah satunya yaitu resolusi keuangan. Tahukah Anda, resolusi tersebut cukup mewarnai di tahun 2022 ini. Dalam artian, banyak masyarakat yang berkomitmen kondisi keuangannya semakin stabil bahkan lebih baik dari biasanya.

Perencana Keuangan dari ZAP Finance Prita Hapsari Ghozie menyambut baik resolusi ini karena hal ini akan membangkitkan “fire” alias semangat dalam merencanakan keuangan. Tapi menurut Prita, ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan tersebut, yaitu adanya tujuan, strategi, dan target yang masuk akal. Jika sudah, artinya diri sudah siap menyongsong kehidupan finansial yang lebih baik.

Berdasarkan hasil riset, kira-kira apa saja resolusi keuangan teratas masyarakat?. Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (10/1/2022) dari laman Okezone.com:

Bisa Menabung

Riset tersebut menyebutkan bahwa 43% orang ingin bisa menabung tahun ini. Prita pun mengatakan bahwa ada dua jenis menabung yang dapat dilakukan, yaitu menabung jangka pendek untuk dana darurat atau uang muka rumah dan menabung jangka panjang untuk dana pendidikan atau dana pensiun.

Utang Lunas

Resolusi selanjutnya yaitu, 41% orang berkeinginan melunasi utang-utangnya tahun ini. Agar dapat terwujud, Prita menyarankan untuk menggunakan snowball method atau metode bola salju. Seperti namanya, metode ini mendorong Anda untuk mengurangi utang dari tagihan terkecil agar semangat melunasi menjadi lebih tinggi.

Berhemat

Terakhir adalah berhemat yang dipilih oleh 31% responden. Prinsip termudah untuk mewujudkan resolusi ini adalah membeli barang dengan pilihan harga paling ekonomis di antara pilihan lainnya.

Selain itu, kebiasaan berinvestasi juga dapat dibangun untuk mencapai resolusi berhemat 2022. Kemampuan menahan diri akan secara alami terbangun jika diri telah memiliki komitmen untuk mencapai target tertentu dalam berinvestasi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.