oleh

3 Wisata Religi Populer di Jombang

PortalMadura.Com – Kabupaten Jombang, Jawa Timur banyak disebut sebagai kota santri, selain karena terdapat banyak sekali pondok pesantren besar yang berada disana, Jombang juga banyak melahirkan tokoh agama Islam dan Pahlawan Nasional. Wajar saja apabila banyak tokoh-tokoh agama Islam ketika wafat disemayamkan di Kabupaten Jombang. Hal itulah yang membuat Kabupaten Jombang sebagai kabupaten yang memiliki cukup banyak wisata religi.

Keutamaan lain dari Kabupaten Jombang ini bukan hanya karena banyaknya wisata religi, tetapi karena Jombang juga termasuk salah satu kabupaten di Jawa Timur yang kaya akan budaya dan tradisinya. Kota ini banyak melahirkan toko-tokoh ulama nasional maupun internasional. Dilansir dari timesindonesia.co.id, Rabu (5/5/2021) inilah 3 Wisata Religi Populer di Jombang yang wajib Anda kunjungi :

Kawasan Makam Gus Dur

Makam Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang terletak di kompleks Pesantren Tebuireng. Wisata religi ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. ebelum Gus Dur meninggal, sudah ada makam dua pahlawan nasional di komplek makam tersebut, yakni KH Hasyim Asy’ari dan KH Abdul Wahid Hasyim. Dahulu, jumlah peziarah memang sudah banyak, namun tak sebanyak sekarang ketika ada makam Gus Dur.

Makam KH Abdul Wahab Chasbullah

Makam ini Terletak tak jauh dari Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, tepatnya di Desa Tambakrejo, Kecamatan/Kabupaten Jombang. KH Abdul Wahab Chasbullah merupakan tokoh pahlawan negara Indonesia yang sangat luar biasa. Beliau adalah Ulama inspirator salah satu pendiri dan penggerak organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama (NU). Maka tidak heran jika makam ini selalu ramai pengunjung untuk berziarah.

Makam KH Bisri Syansuri

KH. Bisri Syansuri Jombang adalah Ulama intelektual, dan kharismatik, pendiri dan pengasuh Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang Jawa Timur. Beliau juga pernah menduduki jabatan politik penting di era presiden Soekarno maupun presiden Soeharto, jasanya sangat besar bagi bangsa Indonesia selain seorang pejuang melawan penjajahan Belanda dan Jepang, beliau juga pendiri PBNU. Jasa beliau inilah yeng membuat makamnya terus ramai di kunjungi para peziarah dari berbagi penjuru kota.

itulah 3 wisata religi di Jombang yang tidak pernah sepi pengunjung, setiap harinya selalu ada ratusan hingga ribuan para peziarah yang datang untuk mendoakan tokoh bersejarah yang sangat berpengaruh di kehidupan masyarakat, khususnya untuk perkembangan Agama Islam.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : timesindonesia.co.id

Komentar