THR Sudah Cair? Jangan Lupa, 4 Hal Ini Harus Terbayarkan Dulu

Avatar of PortalMadura.com
THR-Sudah-Cair-Jangan-Lupa,-4-Hal-Ini-Harus-Terbayarkan-Dulu
Ilustrasi (medanbisnisdaily.com)

PortalMadura.Com – Menjelang hari raya Idul Fitri biasanya para buruh atau pekerja mendapatkan (). Apalagi bagi yang sudah bekerja selama setahun atau lebih, tentu menyenangkan bisa mendapat besaran satu kali gaji.

Ketika mendapat THR, kebanyakan orang mulai berbelanja berbagai kebutuhan, entah yang mendesak ataupun tidak. Tapi tunggu dulu, ada kebutuhan lain yang sebenarnya lebih penting dan perlu terbayar lebih dulu daripada hanya sekadar untuk berfoya-foya.

Ada 4 hal pertama yang harus Anda bayarkan dari THR Anda. Apa saja?. Berikut daftarnya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (6/5/2021) dari laman Idntimes.com:

Cicil dan Lunaskan Utang Anda Dulu

Kalau Anda punya utang atau cicilan, lebih baik Anda mengutamakan membayar ini dulu dengan THR Anda. Karena semakin Anda menunda bayar utang, terlebih utang dengan bunga, maka Anda akan semakin berat membayarnya kelak. Gunakan THR sebijak mungkin biar keuangan Anda ke depan lancar.

Zakat Fitrah dan Zakat Penghasilan

Sebagai umat Islam, wajib hukumnya membayar zakat, terlebih zakat fitrah yang hanya dikeluarkan pada saat bulan puasa. Jumlahnya tidak besar, hanya setara 3,5 liter beras atau Rp40 ribu.

Tapi untuk zakat penghasilan ada hitungannya lagi. Anda bisa menggunakan kalkulator zakat yang ada di Rumah Zakat atau Badan Amil Zakat Nasional.

Sisihkan Dulu Buat Dana Darurat

Ya, ini sangat penting buat tabungan dan investasi. Idealnya, Anda harus punya 6 kali gaji untuk dana darurat yang tidak boleh Anda sentuh sama sekali. Tapi bukan berarti THR langsung dialokasikan semuanya buat dana darurat tersebut.

Maksudnya, Anda bisa menyisihkan berapa persen dari THR dan gaji bulanan Anda. Dengan begitu, masih ada harapan untuk dan masa depan Anda lebih baik.

Tabungan dan Investasi

Selanjutnya adalah tabungan dan investasi. Misal Anda punya impian membeli rumah, mau lanjut sekolah, atau menikah. Maka setelah ketiga kewajiban di atas Anda lakukan, baru sisihkan THR Anda buat tabungan dan investasi.

Tentukan satu atau dua hal yang jadi prioritas Anda untuk ditabung atau diinvestasikan. Kalau sudah keempatnya, baru Anda bisa self reward atau bagi-bagi angpao atau salam tempel buat lebaran nanti.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.