4 Alasan Kenapa Perlu Cuci Muka Sebelum Tidur

  • Bagikan
4 Alasan Kenapa Perlu Cuci Muka Sebelum Tidur
Ilustrasi (Liputan6.com)

PortalMadura.Com – Mencuci muka menjadi aktivitas yang biasa dilakukan oleh setiap orang. Bisa dikatakan, hal ini menjadi rutinitas sehari-hari yang tidak bisa dilepaskan dalam menjalani aktivitas. Sebab, dengan membersihkan wajah akan membuatnya terasa segar.

Tapi, terlalu banyaknya aktivitas kadang membuat sebagian orang lupa melakukannya. Hal yang ada di pikiran hanyalah istirahat atau merebahkan diri di kasur. Padahal, cuci muka sebelum tidur mempunyai sejumlah manfaat tidak terduga.

Walaupun demikian, Anda tetap perlu mengontrolnya. Maksudnya, tidak perlu sering-sering melakukannya. Sebagaimana menurut American Academy of Dermatology, mencuci wajah beberapa kali dalam sehari ternyata bisa menimbulkan iritasi kulit. Akibatnya, wajah Anda semakin rentan terkena jerawat.

Oleh karena itu, para ahli menyarankan agar mengurangi kebiasaan tersebut dengan cuci muka dua kali sehari, yaitu saat pagi hari dan sebelum tidur.

Lantas, mengapa cuci muka sebelum tidur di malam hari penting sekali? Ini dia jawabannya seperti dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (23/11/2019) dari laman Hellosehat.com:

Mengurangi Risiko Munculnya Jerawat di Wajah

Setelah seharian beraktivitas, tentunya minyak, debu, dan kotoran sangat mudah menempel di wajah. Belum lagi, kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan membuat wajah semakin kotor.

Hal ini karena kuman-kuman yang menempel di tangan dengan mudahnya berpindah ke kulit wajah. Jika dibiarkan begitu saja bahkan setelah Anda pulang ke rumah, bukan tidak mungkin wajah akan sangat rentan berjerawat.

Oleh karena itu, mencuci muka pada malam hari sebelum tidur perlu dilakukan. Sebab, dipercaya bisa mengurangi bakteri dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori wajah.

Membantu Melembapkan Kulit Wajah

Secara alami, kulit akan memperbaiki dan memulihkan dirinya sendiri di malam hari saat seseorang sedang terlelap. Sementara di siang hari, kulit wajah akan bekerja dengan melawan segala jenis bahaya seperti sinar UV, polusi, dan kotoran di sekitar Anda.

Nah, dengan Anda mencuci muka di malam hari dapat membantu kulit mengendalikan kerusakan kulit. Selain itu, kebiasaan ini juga membantu memaksimalkan efek dari produk perawatan yang Anda pakai, salah satunya pelembap.

Pasalnya, menggunakan pelembap di malam hari setelah membersihkannya membuat kulit terhindar dari kekeringan. Di malam hari juga, pelembap wajah yang digunakan punya banyak waktu untuk bisa menyerap secara maksimal ke dalam kulit.

Dapat Mengurangi Kerut di Wajah

Bukankah Anda tidak ingin jika muncul di usia yang terbilang masih dini?. Sekalipun sudah tua, tidak sedikit beberapa orang yang ingin menyembunyikan kerutan tersebut. Maka, solusinya adalah dengan mencuci muka sebelum tidur.

Salah satu penyebab mengapa keriput di wajah terus bertambah yaitu kulit terlalu sering terpapar sinar UV. Hal ini membuat tanda penuaan dini muncul di kulit wajah Anda.

Paparan sinar UV dapat memecah jaringan ikat kulit, seperti kolagen dan elastin yang terletak pada lapisan kulit yang lebih dalam. Jika jaringan ikat terpecah, kulit Anda akan mulai kehilangan fleksibilitas dan lebih mudah menimbulkan kerutan di wajah.

Selain itu, radikal bebas yang ada di lingkungan sekitar juga memengaruhi kesehatan kolagen. Oleh karenanya, mencuci wajah pada malam hari sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Tujuannya yaitu agar kulit tidak perlu lagi mengeluarkan energi tambahan untuk menangkal radikal bebas yang menempel.

Mencegah Infeksi Mata

Terbiasa tidak mencuci wajah pada malam hari ternyata memengaruhi kesehatan mata Anda lho. Mengapa demikian?. Menurut seorang ahli dermatologi dari New York, dr. Eric Schweiger, kepada Huffpost menyampaikan, ada beberapa efek samping yang bisa muncul.

Misalnya, tidak menghapus maskara atau eyeliner sebelum tidur dapat menyebabkan infeksi mata. Pasalnya, riasan mata ini bisa masuk ke mata saat Anda misal menggosok mata ketika tidur.

Akibatnya, mata Anda lebih berisiko terkena iritasi dan menyumbat folikel rambut dan kelenjar minyak pada kelopak mata. Jika hal tersebut terjadi, bakteri bisa menumpuk dan menyebabkan peradangan yang bisa menimbulkan benjolan kecil di kelopak mata.

Baca Juga : Kesalahan Sepele Ketika Cuci Muka Ini Bisa Bikin Kulit Rusak

Oleh karenanya, cuci muka sebelum tidur sangat perlu dilakukan agar kondisi di atas tidak terjadi pada Anda. Namun, pastikan untuk menggunakan eye remover terlebih dahulu. Tujuannya, untuk memastikan tidak adanya sisa maskara atau eyeliner di daerah mata.

Setelah mengetahui apa saja manfaat penting cuci muka sebelum tidur, mulai sekarang, usir rasa malas yang datang. Jika Anda masih ragu, konsultasikan kepada dokter atau ahli dermatologi untuk menentukan rutinitas perawatan kulit apa yang cocok untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.