4 Alasan Penting Anda Perlu Konsumsi Makanan Fermentasi

Avatar of PortalMadura.com
4 Alasan Penting Anda Perlu Konsumsi Makanan Fermentasi
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sejauh ini mungkin belum banyak orang yang tahu akan pentingnya mengonsumsi makanan , atau bahkan kurang tahu makanan apa saja yang termasuk pada .

Padahal, makanan tersebut mempunyai kelebihan tersendiri yang baik bagi kesehatan dan tidak bisa diabaikan. Makanan fermentasi yang dimaksud misalnya yogurt, kimchi dari Korea, tempe, tape dan tauco dari Indonesia yang kaya akan gizinya.

Lantas, apa pentingnya makan makanan fermentasi itu?. Berikut empat alasannya:

Kaya Probiotik
Bakteri baik yang terkandung dalam makanan hasil fermentasi ini penting untuk kesehatan pencernaan. Probiotik akan menjaga kestabilan bakteri di dalam pencernaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah peradangan dan bahkan mengurangi efek intoleransi terhadap laktosa.

Mengandung Enzim
Makanan fermentasi yang mengandung rasa asam ternyata juga mengandung enzim yang berfungsi membuat reaksi kimia, yang membantu organ dan kelenjar dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik. Enzim ini juga membantu memecah karbohidrat, lemak, dan protein.

Kaya Nutrisi
Makanan yang difermentasi mungkin terlihat basi dan tidak layak makan, namun ternyata justru tinggi nutrisi. Proses fermentasi justru membiarkan bakteri baik untuk tumbuh. Kandungan nutrisi yang terkandung dalam makanan hasil fermentasi meliputi vitamin B1, B6, B9, C, K, dan mineral seperti mangan, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi.

Menjaga Kesehatan Pencernaan
Ini adalah manfaat utama sekaligus yang paling terlihat jika sering makan makanan fermentasi. Gizi dari makanan fermentasi bisa mengurangi bakteri jahat di usus dan membersihkan sistem pencernaan.

Itu dia manfaat pentingnya konsumsi makanan fermentasi. Terkadang orang mengalami efek samping kembung setelah makan makanan fermentasi, jika seperti ini, sebaiknya makan sedikit saja atau jangan terlalu berlebihan. (vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.