4 Bentuk Kezaliman Jin Pada Manusia yang Harus Diketahui

Avatar of PortalMadura.com
4 Bentuk Kezaliman Jin Pada Manusia yang Harus Diketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu makhluk ciptaan Allah SWT yang memiliki sifat fisik tertentu, berbeda dengan jenis atau malaikat, yaitu jin. Makhluk yang satu ini diciptakan dari bahan dasar api, sedangkan manusia dari tanah dan malaikat dari nur (cahaya).

Sebagaimana firman Allah: “Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar. Dan Dia menciptakan jin dari nyala api” (QS. Ar-Rahman: 14-15).

Sayangnya, sebagian jin suka mengganggu manusia baik secara fisik maupun non-fisik. Maksud dari secara fisik adalah gangguan Jin yang dapat menyebabkan penyakit. Hal seperti ini sering terjadi di sekitar Anda. Seperti orang yang mengeluhkan sakit, Ia divonis oleh dokter memiliki sakit TBC. Namun, ketika diperiksa laboratorium, tidak menunjukkan adanya gejala TBC. Akan tetapi, Ia tetap merasakan sakit. Ketika akhirnya Ia mencoba ruqyah, barulah tahu bahwa batuk-batuk itu adalah gangguan Jin.

Lantas, bagaimana dengan gangguan non-fisik?. Berikut ini uraiannya:

Gangguan Perilaku
Ketika seseorang terkena gangguan jin, maka akan terjadi perubahan prilaku secara bertahap ke arah yang negatif. Misalnya, seorang suami berlaku zalim terhadap istrinya, ataupun kalau istri mulai berani terhadap suaminya, berbuat maksiat (selingkuh, miras, dll).

Jika pelaku itu seorang anak maka ia akan menjadi anak yang durhaka terhadap orang tua. Jika ia seorang karyawan dibuat tidak jujur, korupsi dan begitulah seterusnya sesuai dengan kedudukan dan fungsi seseorang yang sepadan dengan status sosialnya.

Gangguan Psikis
Secara psikis orang yang terkena gangguan jin akan timbul rasa cemas, was-was, takut, gelisah, merasa tidak nyaman. Yang jelas hatinya selalu merasa gelisah, kalut, bingung terhadap dirinya. Titik klimaksnya adalah depresi, dan bahkan jika tidak ada penanganan yang tepat maka bisa menjadi gila.

Gangguan Cara Berpikir
Segala bentuk pikiran yang hal itu merupakan pikiran yang salah, menyelesihi Alquran dan As-Sunah adalah bagian dari produk pikiran yang di dalamnya ditunggangi setan. Sekarang ini, yang populer adalah pikiran orang-orang liberal (JIL), pengusung paham pluralis (semua agama sama), sekuler dan berbagai bentuk pemikiran yang pada intinya berseberangan dengan Alquran dan As-Sunah.

Begitu juga dengan segala bentuk perilaku dosa dan maksiat adalah produk dari kesalahan berpikir yang itu ditunggangi jin atau setan.

Gangguan Keyakinan (Keimanan)
Jenis gangguan ini adalah jenis gangguan jin atau setan yang paling berbahaya. Yaitu menjauhkan Anda dari ketaatan kepada Allah SWT. Pelan namun pasti, secara bertahap menyesatkan manusia. Hal ini bisa dalam betuk kesyirikan atau perbuatan bid'ah.

Jenis yang keempat ini, jika menimpa seseorang kerap kali pelakunya tidak sadar, bahwa apa yang dilakukan adalah salah, bahkan menganggapnya sebagai kebenaran dan cenderung marah terhadap orang yang berusaha mengingatkan terhadap kesalahan tersebut. Ini adalah salah satu hakikat kesurupan yang terbesar. Sebagaimana yang telah dinyatakan oleh Syekhul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitabnya.

Keempat gangguan tersebut, berada dalam diri seseorang secara bersinambungan. Awalnya jin atau setan membisiki manusia, lalu bisikan itu direspon oleh otaknya menghasilkan pola pikir. Dari pikiran direspon hatinya, jadilah gangguan psikis.

Jika direspon tubuhnya, jadilah gangguan prilaku, dan puncaknya memengaruhi keimanannya. Itulah gambaran singkat berbagai dampak negatif gangguan jin dan setan, yang terkadang sering dilupakan oleh Anda semuanya. Semoga ulasan ini bisa membuat Anda termotivasi untuk semakin mendekat pada Allah. Wallahu A'lam. (ummi-online.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.