oleh

4 Cara Cegah Jerawat Muncul Setelah Olahraga

PortalMadura.Com – Olahraga merupakan salah satu aktivitas untuk menurunkan berat badan, meningkatkan aliran darah ke sel-sel kulit, membawa nutrisi dan oksigen serta dapat membantu mengurangi stres. Namun tidak bisa dihindari, terkadang jerawat muncul usai berolahraga. Mengapa hal itu bisa terjadi?.

Sebab, keringat saat berolahraga juga dapat menciptakan kondisi yang sempurna untuk bakteri penyebab jerawat berkembang. Hampir semua orang sudah tentu tidak ingin jerawat muncul, baik di wajah maupun punggung. Lantas, bagaimana cara mencegah jerawat muncul setelah berolahraga?.

Berikut ini empat cara cegah jerawat muncul setelah olahraga, seperti dikutip Okezone.com dari Healthline:

Kenakan Pakaian Longgar dan tidak Lembap

Pakaian yang berkeringat dan ketat menjadikan kulit lembap. Hal ini merupakan kondisi yang sempurna untuk jerawat muncul, kata dokter kulit di Pusat Medis Wexner Universitas Negeri Ohio, Susan Massick.

Jerawat biasanya ditemukan pada kulit yang dalam kondisi hangat dan lembap. Jenis jerawat ini sering salah didiagnosis sebagai jerawat bakteri, akhirnya mengarah pada perawatan yang tidak tepat.

Ganti Pakaian yang Berkeringat Sesegera Mungkin

Seorang asisten profesor dermatologi, Pusat Medis Universitas Rush, Elizabeth M. Damstetter, menyarankan agar mengganti pakaian yang berkeringat setelah berolahraga supaya kulit tidak lembap yang menyebabkan jerawat. Selain itu, pastikan untuk mencuci pakaian Anda sebelum memakainya lagi. Karena minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori hingga memicu jerawat.

Baca Juga: 8 Perawatan Kulit yang Perlu Anda Terapkan Setelah Olahraga

Mandi setelah Olahraga

Mandilah setelah berolahraga untuk menghilangkan keringat, minyak, kotoran, dan bakteri yang mungkin menumpuk. Elizabeth M. Damstetter merekomendasikan untuk menggunakan pembersih wajah dan tubuh yang mengandung benzoil peroksida untuk membersihkan kulit yang rentan berjerawat.

Pasalnya, benzoil peroksida dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab jerawat yang disebut Cutibacterium acnes. Jika benzoil peroksida terlalu keras untuk kulit, Anda dapat menggunakan pembersih lembut atau air misel (micellar water) yang bebas minyak untuk menghilangkan bakteri dan minyak setelah olahraga. Jika tidak mungkin untuk mandi setelah latihan, setidaknya harus mencuci muka.

Temui Dokter Kulit jika Jerawat Tetap Muncul

Damstetter merekomendasikan untuk mengunjungi dokter kulit jika jerawat tetap muncul setelah melakukan beberapa hal di atas. Dokter kulit dapat meresepkan obat untuk membantu mengobati jerawat.

Rewriter : Salimah
Sumber : okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar