4 Cara Investasi Emas Meski Gaji Pas-pasan

Avatar of PortalMadura.com
4-Cara-Investasi-Emas-Meski-Gaji-Pas-pasan
Ilustrasi (sahabatpegadaian.com)

PortalMadura.Com – Saat ini melakukan bukan hanya menjadi kebutuhan sekunder semata, tapi menjadi hal wajib yang harus Anda lakukan sejak dini mungkin. Sebab, berinvestasi sangat berhubungan dengan masa depan Anda.

Dengan kata lain, apa yang Anda investasikan hari ini, akan menentukan bagaimana keuangan Anda nantinya. Sebenarnya Anda bisa melakukan investasi apa saja, salah satunya . Jadi, emas tidak hanya dijadikan sebagai perhiasan, tapi sangat baik untuk berinvestasi.

Karena, logam mulia ini dinilai lebih aman dan stabil. Apalagi saat resesi akibat pandemi covid-19, harga emas merangkak naik sehingga membuat masyarakat mulai tertarik untuk investasi emas.

Dilansir Okezone.com, yang dikutip dari buku Investasi Emas Batangan untuk Orang Gajian: Khitah Publishing oleh Rieko Mahadana, investasi dalam bentuk emas batangan bagi orang gajian bisa langsung dipraktikkan dengan memanfaatkan gaji yang diterima setiap bulan.

Berikut ini langkah yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan gaji bulanan untuk membeli atau berinvestasi emas batangan:

Catat dan Jumlahkan Semua Penghasilan

Catat dan jumlahkan semua penghasilan, baik penghasilan tetap maupun penghasilan tidak tetap jika ada. Penghasilan tidak tetap, misalnya mempunyai pekerjaan sampingan atau membuka warung kelontong di rumah) biasanya jumlahnya fluktuatif alias naik turun setiap bulan. Jika hal ini terjadi, hitunglah rata-rata penghasilan tidak tetap itu.

Hitung Jumlah Pengeluaran Setiap Bulan

Satu hal yang perlu dilakukan agar Anda bisa membeli emas batangan adalah mengurangi pos-pos pengeluaran yang tidak begitu penting, misalnya pos anggaran untuk jalan-jalan atau belanja berlebihan.

Bahkan, Anda harus tega kepada diri sendiri dengan cara memotong anggaran untuk pos- pos yang tidak perlu, terutama pos-pos anggaran yang terkait dengan gaya hidup.

Tentukan Jumlah Dana yang Dialokasikan

Tentukan jumlah dana yang akan dialokasikan untuk membeli emas batangan. Dari catatan penghasilan dan pengeluaran setiap bulan, seseorang bisa tahu berapa sebaiknya dana yang disisihkan untuk membeli emas batangan.

Sebaiknya dana yang disisihkan adalah 10 persen dari total penghasilan, syukur bisa lebih dari itu. Dana 10 persen dari total penghasilan ini perlu disisihkan awal bulan saat menerima gaji, bukan pada akhir bulan.

Beli Emas Batangan di Tempat Terpercaya

Belilah emas batangan di tempat yang bisa dipercaya. Disarankan membeli emas batangan dari kepingan 5 gram. Jika dana yang disisihkan setiap bulan tidak mencukupi, coba kumpulkan dana tersebut secara rutin hingga jumlahnya mencukupi untuk membeli satu keping emas batangan 5 gram.

Jadi, tidak harus setiap bulan membeli emas batangan. Bagi yang mempunyai penghasilan relatif besar seharusnya bisa membeli emas batangan seberat 5 gram setiap dua atau tiga bulan sekali.

Namun, bagi yang berpenghasilan tidak terlalu besar, asal punya kemauan yang kuat untuk menabung di depan secara rutin, lima atau enam bulan sekali bisa membeli emas batangan seberat 5 gram adalah langkah yang cukup bijak.

Jika terpaksa setahun sekali bisa membeli emas batangan seberat 5 gram, tentu akan jauh lebih baik daripada tidak sama sekali. Karena ini akan sangat bermanfaat untuk masa depan Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.