oleh

4 Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru saat Wabah Covid-19

PortalMadura.Com – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Terganggunya paru-paru tentu meningkatkan risiko berbagai penyakit. Paru-paru merupakan salah satu organ dalam tubuh yang berhubungan dengan sistem pernapasan.

Gejala virus Covid-19 ini salah satunya berdampak pada sistem pernapasan manusia. Alhasil, masyarakat yang terinfeksi virus ini akan merasakan kesulitan untuk bernapas. Oleh karena itu, menjaga kesehatan paru-paru menjadi hal penting yang wajib dilakukan saat pandemi Covid-19.

Virus corona merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ paru-paru. Karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga salah satu organ vital tersebut. Cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan mengubah gaya hidup ke arah yang lebih sehat. Seringkali manusia memiliki gaya hidup yang tidak sehat dan dapat menyebabkan fungsi organ-organ vital tubuh terganggu.

Berikut ini cara menjaga kesehatan paru-paru, melansir dari okezone.com dikutip oleh laman Heathline.

Berhenti Merokok
Merokok dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru, tidak hanya itu faktanya, merokok dapat menimbulkan penyakit paru-paru, seperti bronkitis dan asma. Asap rokok mengandung zat kimia berbahaya yang jika menggumpal di dalam paru-paru dapat merusak fungsi paru-paru.

Perbanyak Olahraga
Selain menghindari rokok, berolahraga secara teratur dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Sama seperti olahraga menjaga tubuh Anda tetap bugar, hal ini juga membuat paru-paru Anda tetap sehat. Tubuh pun memerlukan lebih banyak oksigen untuk menyuplai otot. Paru-paru Anda akan meningkatkan kinerja untuk mengirim oksigen sekaligus membuang karbondioksida.Makin banyak olahraga atau bergerak aktif, makin kuat dan sehat paru-paru.

Hindari Paparan Polutan
Paparan polutan di udara dapat merusak paru-paru dan mempercepat penuaan. Ketika masih muda dan kuat, paru-paru Anda dapat dengan mudah melawan racun ini. Namun, seiring bertambahnya usia, mereka kehilangan sebagian dari resistensi itu dan menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit. Maka dari kemanapun Anda pergi, sebaiknya gunakan masker dan sering membersihkan rumah agar debu tidak masuk ke dalam saluran pernapasan

Ambil Nafas Dalam
Anda sesekali beri kesempatan paru-paru untuk memperoleh lebih banyak asupan udara. Ini akan membantu membersihkan paru-paru dan lebih banyak masukan oksigen. Pernapasan pendek biasanya menggunakan dada sedangkan pernapasan mendalam memanfaatkan perut atau diafragma. Saat praktik pernapasan mendalam, perut atau diafragma akan melebar. Selain menyehatkan saluran pernapasan, latihan ini akan membuat Anda lebih rileks dan dapat mengurangi stres.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar