oleh

5 Peran Orang Tua Untuk Anak, Pasca Bercerai

PortalMadura.Com – Setiap pasangan suami istri dalam suatu keluarga pasti pernah mengalami konflik bahkan sampai berujung perceraian. Dari kejadian ini anak lah yang seringkali menjadi korban, terutama secara Psikologis dan menjadi luka tersendiri untuk anak mengenai sebuah perpisahan. Hal ini akan memengaruhi perkembangan anak di sama mendatang.

Berikut PortalMadura.Com telah merangkum 5 hal yang perlu orang tua lakukan kepada anak agar Psikologis mereka tetap terjaga pasca perceraian, yang dilansir dari laman PopMama.Com, Senin (18/5/2020).

Orang Tua Perlu Menjalankan Perannya Masing-masing
Demi menghindari terganggunya Psikologis pada anak pasca bercerai, maka orang tua perlu tetap menjaga dalam menjalankan perannya masing-masing untuk menjaga perkembangan anak. Orang tua perlu menerapkan pola pengasuhan anak yang dilakukan pasca perceraian, sehingga orangtua yang sudah bercerai diwajibkan secara bersama-sama untuk saling berkomunikasi dan membesarkan anak walau tidak ada ikatan pernikahan serta tak tinggal lagi di dalam satu rumah. Penerapan ini diharapkan agar psikologis anak tidak terganggu akibat perpisahan kedua orangtuanya.

Usahakan Tidak Selalu Memanjakan Anak
Sebagai orang tua yang dapat merasakan perasaan anak tak jarang setiap orang tua berusaha untuk memanjakannya dengan tujuan untuk menebus rasa bersalah. Padahal langkah seperti ini justru tidak baik untuk perkembangan anak di masa mendatang.

Anak-anak Perlu Selalu Merasa Dicintai dan Disayangi Kedua Orang Tuanya
Kebanyakan anak ketika kedua orang tua nya berpisah anak akan merasa bahwa dirinya tidak dicintai dan disayangi. Banyak anggapan dipikirannya bahwa kasih sayang orang tua akan berubah total. Padahal dengan menerapkan pola asuh anak akan mendapatkan kasih sayang yang sama. Jadi perlu adanya komunikasi yang baik antar orang tua dalam memberikan perhatian kepada anak.

Tetap Memberikan Waktu Berkualitas Untuk Anak
Orang tua yang bercerai seringkali merasa ingin menang sendiri tanpa mengutamakan kondisi Psikologis anak, dengan tidak memberikan waktu luang untuk bersama anak. Demi perkembangan anak tetap optimal dengan baik, maka orang tua perlu menyingkirkan ego masing-masing untuk memberikan waktu berkualitas kepada anak.

Usahakan Tidak Berubah dan Tetaplah Menjadi Orang Tua Terbaik Untuk Anak
Ketika perceraian orang tua terjadi, anak akan memendam sebuah luka di hatinya. Tak jarang di antara mereka menjadi korban perceraian orangtua, beberapa anak merasa kesulitan dalam mengekspresikan emosinya. Sebagai orang tua perlu sekali mendampingi berbagai fase yang harus dilalui oleh anak pasca terjadinya perceraian. Hal ini akan membuat anak merasa lebih berharga walau dalam keadaan yang kurang nyaman pasca perceraian.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE