oleh

4 Cara Menyusui Bayi saat Bepergian

PortalMadura.Com – Banyak ibu yang malas bepergian jauh setelah memiliki bayi, terlebih saat masih dalam masa menyusui. Hal ini dikarenakan ibu merasa repot dan tidak nyaman bila menyusui di depan umum. Ada juga ibu yang malah jadi terpikir untuk memberi si kecil susu formula saja agar tak perlu menyusui selama bepergian.

Padahal ASI adalah makanan terbaik untuk bayi dan bepergian tidak perlu menghalangi Anda untuk tetap menyusui. Dilansir dari laman Fimela.Com, Rabu (2/12/2020) berikut beberapa cara menyusui yang bisa Anda lakukan saat bepergian.

Gunakan Pakaian yang Santai

Saat bepergian mungkin Anda ingin mengenakan pakaian atau gaun yang cantik, terutama jika sudah lama tidak keluar atau pergi ke tempat yang istimewa. Rasanya menyenangkan terlihat cantik. Tapi harus memikirkan kenyamanan dan kemudahan menyusui.

Ada beberapa pakaian dan gaun menyusui yang super imut atau bahkan pilihan pakaian non-menyusui yang bisa digunakan. Bra menyusui yang dapat dilakukan dengan satu tangan akan membuatnya lebih mudah dan tidak terlalu mencolok waktu menyusui.

Jangan Ragu untuk Menutupi

Setelah terbiasa, menyusui dengan pakaian menyusui bisa sama bijaknya dengan menggunakan penutup menyusui. Jika masih merasa tidak nyaman dan membutuhkan lebih banyak privasi.

Itulah gunanya penutup menyusui. Mereka memberikan privasi ekstra dan dapat membuat Anda merasa lebih percaya diri jika perlu menyusui ketika ada orang lain.

Bisa Menggunakan Posisi Seperti Kangguru

Seekor induk kanguru menyimpan bayinya di dalam kantong, dan di sanalah bayinya terawat. Jika memiliki bayi yang baru lahir atau masih kecil, Anda juga dapat menjaga bayi tetap dekat dengan tubuh, bukan di kantong, tapi di gendongan.

Kemudian, jika sudah waktunya untuk menyusui, sesuaikan saja posisi anak dan lanjutkan dengan apa yang dikerjakan. Ini cara yang bagus untuk menyusui saat bepergian.

Buat Bayi Merasa Kenyang

Usahakan untuk tidak menunggu terlalu lama untuk memberi ASI kepada bayi setelah Anda menyadari bahwa bayi lapar. Tidak akan terlihat jelas apakah anak lebih tenang saat waktunya untuk menyusui.

Bayi yang terlalu lapar dan rewel mungkin mulai menangis atau rewel. Cobalah untuk memastikan anak merasa kenyang saat hendak bepergian.

Rewrite : Oktaviana Dwi K.K
Sumber : Fimela.Com

Komentar