oleh

4 Cara Simpan Makanan Sisa yang Aman

PortalMadura.Com – Mayoritas orang biasanya akan langsung membuang sisa makanan pada malam harinya setelah tidak dihabiskan. Nah, daripada dibiarkan mubazir, makanan yang masih layak untuk dimakan sebaiknya disimpan agar keesokan harinya bisa dihangatkan dan disantap lagi, melansir dari laman Merdeka.com, Selasa (31/12/2019).

Namun, Anda perlu berhati-hati dalam menyimpan makanan sisa. Karena bila caranya tidak tepat, makanan bisa basi atau terkontaminasi bakteri. Jika sudah begini, kesehatan Anda yang bakal terancam. Untuk itu, ada beberapa cara menyimpan makanan sisa dengan aman dan tidak membahayakan kesehatan. Apa saja?.

Berikut empat cara menyimpan makanan sisa secara aman:

Pastikan Umur Makanan tidak Lebih dari 2 Jam Setelah Pemasakan

Saat Anda ingin menyimpan makanan, sebaiknya makanan yang disimpan tidak lebih dari 2 jam setelah proses pemasakan. Hal ini bertujuan aga kualitas rasa dan aroma makanan tetap enak. Selain itu, juga bertujuan untuk menghindari pertumbuhan bakteri serta virus.

Simpan di Lemari Es

Usahakan untuk menyimpan makanan sisa di dalam lemari es. Sebelum dimasukkan ke dalam lemari es, tempatkan makanan di wadah khusus menyimpan makanan. Simpan makanan sisa di lemari es dengan suhu di bawah 5 derajat celcius. Makanan yang disimpan di lemari es bisa bertahan paling lama 3 sampai 4 hari.

Baca Juga: 8 Cara Jitu Simpan Sisa Makanan Lebaran Agar Tak Mubazir

Pisahkan dan Beri Label

Jika memiliki banyak makanan sisa yang perlu disimpan, beri label tanggal di setiap makanan. Hal ini bertujuan agar Anda tidak menyimpan makanan lebih dari 4 hari. Simpan juga makanan di wadah berbeda-beda untuk satu makanan dan makanan lainnya. Hindari menyimpan makanan tertentu di dekat makanan lain yang memiliki aroma menyengat.

Hangatkan sebelum Disimpan

Sebelum disimpan, makanan sisa yang hendak disimpan sebaiknya dihangatkan terlebih dahulu. Makanan seperti masakan bersantan, rendang, gulai dan kari sangat penting untuk dihangatkan terlebih dahulu demi menghindari masakan basi di lemari es.

Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.