4 Cerita Misteri Asal Usul Perayaan Tahun Baru Imlek

Avatar of PortalMadura.com
4 Cerita Misteri Asal Usul Perayaan Tahun Baru Imlek
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tahun baru Cina atau biasa disebut Imlek dirayakan oleh semua penganut agam Konghucu di seluruh dunia. Pesta meriah dengan nuansa merah akan terlihat di beberapa sudut kota pada parayaan Imlek tahun ini.

Berbagai ornamen khas Imlek akan terlihat disepanjang jalan tempat perayaan Imlek. Salah satu pengusaha keturunan Tiongkok yang bernama Koh Ping Ahn yang sedikit banyak mengetahui cerita dibalik adanya Imlek akan menceritakan misteri . Penasaran?

Berikut ceritanya:

Asal Usul Perayaan Imlek dan Cerita Hantu Nian?
Dengan lintingan tembakau yang terhimpit di kedua jari dan kemudian menyulutnya. Koh Ping Ahn memulai kisah mistis nya tentang cerita hantu nian. Dan usut punya usut kisah hantu ini terkait erat dengan perayaan tahun baru Cina yang selalu dilakukan dengan meriah dan ramai.

Hantu Nian Sang Pemakan Manusia
Menurut legenda Cina. Dahulu sekali rakyat Cina hidup dalam ketakutan. Karena ada sesosok makhluk astral berwujud monster yang sering datang ke desa-desa untuk memangsa seseorang. Monster itu selalu datang pada saat pergantian tahun. Hal ini tentu menciptakan teror dan rasa takut pada orang-orang Cina saat itu. Karena cerita Hantu nian inilah, setiap datang pergantian tahun orang-orang menutup pintu rapat-rapat dan menyembunyikan diri dari hantu monster ini.

Hingga akhirnya suatu ketika. Seorang orang tua bijak menyarankan sebuah gagasan kepada seluruh desa-desa yang diteror oleh cerita hantu nian ini setiap tahun. Dia mengatakan bukankah lebih baik bila mereka bisa bersatu untuk melawan dan mengusir hantu nian ini untuk selama-lamanya daripada selalu bersembunyi ketakutan?

Baca Juga: Menu Imlek: Resep Mi Panjang Umur yang Enak dan Lezat

Alat Musik Keras dan Petasan Untuk Mengusir Hantu Nian
Dari sinilah misteri dibalik imlek (Tahun baru Cina) yang seram mulai tergantikan hingga seperti sekarang. Dengan warga desa yang sepakat akan gagasan tersebut. Mereka kemudian mempersiapkan banyak hal untuk melawan rasa takut pada penampakan monster cerita hantu nian tersebut. Penduduk desa menimbun petasan dan banyak alat musik yang mengeluarkan suara keras (genderang, simbal dan lainnya).

Penduduk desa satu dengan lainnya sepakat untuk menyalakan petasan dan memainkan alat musik itu untuk mengusir monster itu ketika datang ke desa mereka. Dan benar saja, ketika hantu monster nian ini datang ke desa pertama, penduduk melangsungkan aksinya dengan membakar petasan dan memainkan alat musik itu. Hantu nian pun terkejut dan lari tunggang langgang keluar desa. Hal yang sama terjadi di desa selanjutnya dan selanjutnya yang didatangi hantu ini secara bergantian.

Hantu Nian Berhasil di Taklukkan oleh Penduduk Desa
Karena selalu berlari dari satu desa ke desa lainnya. Hantu nian yang berwujud monster mengerikan ini akhirnya kelelahan. Warga desa yang mengetahui ini tidak menyia-nyiakan kesempatan. Mereka kemudian menangkapnya dan membunuhnya bersama-sama karena telah menebar teror dengan memangsa orang di desa setiap tahunnya. Misteri dibalik Imlek tentang seramnya hantu nian yang dikalahkan dengan suara keras dan bunyi petasan inilah yang kemudian secara turun temurun dilakukan dalam kebudayaan China.

kegiatan penduduk desa untuk menakhlukkan hantu nian inilah yang ditengarai sebagai perayaan pertama . Faktanya bahkan nama hantu “Nian” itu sendiri diartikan dalam bahasa Mandarin sebagai “Tahun”.

Nah, itulah sekelumit cerita misteri dibalik imlek (Tahun Baru Cina) yang ternyata berasal dari cerita hantu nian yang menyeramkan. Koh Ping Ahn, kemudian berdiri dari tempat duduknya setelah menyelesaikan secangkir teh di hadapannya. Kemudian dia berkata: Ayo kita ikut merayakannya!

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.