oleh

Toner untuk Kulit Berjerawat, Ini 5 Pilihan Kandungan yang Tepat

PortalMadura.Com – Toner merupakan salah satu produk kecantikan yang berfungsi untuk membersihkan kotoran maupun minyak berlebih pada wajah. Penggunaan toner bisa dilakukan semua orang. Tetapi ada beberapa produk dengan bahan-bahan tertentu yang mampu mencegah pembentukan komedo dan jerawat.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com yang dikutip dari Verywellhealth, berikut beberapa kandungan toner yang sangat cocok untuk kulit berjerawat.

Kandungan AHA Tidak Akan Menyebabkan Iritasi

Penggunaan toner dapat mengembalikan tingkat pH kulit dan menghaluskannya. Sedangkan produk toner dengan kandungan AHA paling baik untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat.

AHA berfungsi membantu mengobati dan mencegah jerawat berulang. Anda bisa menggunakan produk AHA di area rawan jerawat lainnya. Jika digunakan dengan benar, bentuk asam alfa-hidroksi (AHA) pada toner tidak akan menyebabkan iritasi.

Kandungan BHA Memiliki Sifat Anti Inflamasi

Toner BHA paling baik untuk semua jenis kulit. Selain itu, BHA yang singkatan dari beta-hydroxy acid dapat bekerja jauh di dalam pori-pori kulit wajah dan memiliki sifat anti inflamasi.

BHA lebih efektif untuk jerawat dan mengelupas sel kulit mati. Bahkan BHA juga bekerja dengan ajaib di bawah permukaan kulit dan mencegah jerawat dalam jangka panjang. Gunakanlah toner BHA dan membiarkannya benar-benar kering, setidaknya selama 15 menit sebelum melanjutkan rutinitas perawatan kulit lainnya.

Kandungan Glycolic Acid Memudarkan Bekas Jerawat

Bagi Anda yang rentan berjerawat, carilah produk toner yang mengandung Glycolic acid. Kandungan Glycolic acid dapat membantu mempercepat pemudaran noda hitam pada bekas jerawat.

Salah satu ahli kecantikan menjelaskan bahwa Glycolic acid memiliki sederet manfaat untuk perawatan kulit. Secara kimiawi menghilangkan penumpukan sel yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Selain itu, manfaat Glycolic acid pada toner menjadikan kulit wajah lebih bersih.

Kandungan Saliclic Acid Melarutkan Sebum di Kulit Wajah

Toner dengan kandungan Saliclic acid juga bekerja secara baik untuk mencegah munculnya jerawat. Saliclic acid yang larut dalam minyak dapat menembus pori-pori dan melarutkan sebum maupun kotoran berlebih. Saliclic acid sangat ideal untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat.

Efek anti inflamasi pada Saliclic acid membantu kulit terlihat tidak terlalu merah dan meradang akibat jerawat. Toner Saliclic acid bisa digunakan dua kali sehari setelah pembersihan, yakni selama kulit Anda mentolerir formulasinya.

Kandungan Tea Tree Menenangkan Jerawat

Toner dengan kandungan tea tree cukup efektif untuk jenis kulit berjerawat. Penggunaan toner tea tree membantu kulit agar tidak terlalu berminyak maupun infeksi dan menenangkan jerawat yang memerah.

Tea tree menjadi senjata yang efektif dalam melawan jerawat. Ini mengandung senyawa anti bakteri untuk membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Bahkan produk toner dari tea tree mampu meminimalkan munculnya bekas jerawat maupun luka atau hipertrofik.

Demikianlah kelima kandungan yang baik untuk kulit berjerawat. Yuk, kurangi keparahan jerawat dengan menggunakan salah satunya!

 

 

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Popmama.Com

Komentar