oleh

4 Hal Penting dalam Memilih Mainan untuk Bayi

PortalMadura.Com – Saat usianya menginjak 3 bulan, bayi akan memperlihatkan perkembangan fisik maupun motorik yang sangat pesat. Pada usia ini, Anda dapat memberinya mainan bayi 3 bulan untuk menstimulasi tumbuh kembangnya agar lebih optimal. Bayi yang berumur 3 bulan akan mulai menunjukkan koordinasi antara mata dan tangannya.

Memilih mainan untuk bayi yang masih berusia 3 bulanan tentunya harus lebih selektif, Ma. Pertama harus aman, dan juga yang bisa jadi medianya belajar melatih fungsi indra maupun motoriknya. Hal ini tentunya berkaitan dengan fitur-fitur pendukung yang diharapkan.

Seperti membantu keterampilan, mengembangkan penglihatan, gerakan motorik halusnya, dan yang dapat membuatnya merasa penasaran hingga ingin tahu. Melansir dari laman haibunda.com, berikut ini ada beberapa hal memilih mainan yang teapt untuk bayi usia 3 bulan. Yuks, simak dibawah ini.

Warna
Hingga usia 5 bulan, penglihatan bayi belum bekerja secara sempurna. Dengan memilih mainan yang memiliki warna kontras, dan pola yang jelas, itu akan sangat membantu bayi melatih fokus pada objek yang mereka lihat, lho Ma.

Tekstur
Bayi berusia 3 bulan adalah masa di mana mereka mulai belajar dengan merangsang keterampilan motoriknya, sehingga sering kali bayi menyentuh sesuatu yang bertekstur dan yang menarik perhatian tanpa pilih-pilih. Mama bisa memberikannya mainan dengan potongan yang bertekstur halus, bergelombang, berbulu, atau yang lembut, ya Ma.

Berbunyi
Untuk mendorong rasa keingintahuan bayi, Mama juga bisa menggunakan mainan yang dapat menimbulkan bunyi. Beberapa jenis mainan yang dapat berbunyi biasanya yang memiliki lonceng, atau boneka dengan lagu pengantar tidur yang digantung di atasnya. Hindari mainan yang menggunakan baterai ya Ma, kecuali dilengkapi dengan pengaman yang menurut Mama dapat dipercaya.

Keamanan
Ini adalah bagian yang paling penting untuk menghindari hal-hal yang berbahaya bagi si kecil ya Ma. Seperti yang Mama ketahui, bayi amat sangat suka memasukkan berbagai macam benda ke dalam mulutnya, baik itu makanan atau benda di sekitarnya. Entah itu karena penasaran atau bahkan mereka secara tidak sadar melakukannya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Mama harus berhati-hati untuk memilih benda yang dapat dimainkannya. Pastikan barang atau mainan yang Mama beri terbuat dari bahan bebas kimia seperti baterai, dan bukan sesuatu yang bisa dibongkar pasang.

Hal ini bertujuan untuk mengurasi resiko mainan yang akan tertelan, seperti kelereng, koin atau bola berdiameter 4 centimeter (cm). Setidaknya mainan yang dapat Mama berikan, yang punya ukuran lebih besar, sehingga tidak mudah tertelan saat dimasukkan ke mulut.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : haibunda.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar