4 Jenis Bumbu Dapur di Rumah yang Punya Manfaat untuk Pengobatan

  • Bagikan
Jenis Bumbu Dapur di Rumah yang Punya Manfaat untuk Pengobatan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjaga kesehatan penting dilakukan. Seperti kata pepatah “sehat itu mahal”, ya, ungkapan itu memang benar. Sebab, saat sakit tentu memerlukan biaya banyak untuk berobat agar bisa sehat kembali. Padahal, harga obat-obatan sekarang ini cukup menguras dompet.

Akan tetapi jika Anda cerdas, ternyata ada sebagian penyakit yang tidak perlu obat dari dokter. Sebenarnya, ada banyak obat yang mudah ditemukan dan mempunyai khasiat untuk kesehatan. Misalnya beberapa bumbu masak yang bisa ditemukan di dapur rumah. Apa saja?.

Berikut empat jenis bumbu dapur di rumah yang memiliki manfaat untuk pengobatan:

Jahe
Jahe merupakan salah satu bumbu dapur yang rasanya pedas. Di Indonesia, jahe sering dibuat untuk minuman penghangat badan. Tidak cuma di tanah air, di China dan India pun jahe dimanfaatkan sebagai bahan minuman.

Selain minuman, jahe juga berkhasiat sebagai obat tradisional karena mengandung minyak atsiri, fellandren, minyak sineol, kamfer, asam aminos, vitamin A, B1, C dan juga protein. Misalnya, untuk mengobati batuk, pilek, meredakan sakit tenggorokan, juga perut kembung. Dengan rajin mengonsumsi minuman jahe, maka sakit-sakit tersebut akan berkurang.

Kunyit
Selain sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk memasak, kunyit juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Antara lain untuk mengatasi Diabetes Melitus (DM), usus buntu, disentri, tifus, memperlancar ASI, gusi bengkak, menstruasi yang tidak lancar, perut mulas saat haid, amandel, dan lainnya.

Caranya, parut kunyit kemudian campur dengan air hangat tambahkan sedikit garam atau gula, lalu segera lah diminum.

Kunyit terdapat kandungan kimia, seperti minyak atsiri sebanyak 6 persen yang terdiri dari golongan senyawa sesquiterpen dan monoterpen, zat warna kuning sebanyak 5 persen atau yang sering disebut dengan kurkumonoid, fosfor, protein, kalium, zat besi, dan vitamin.

Bawang Putih
Selama ini bawang putih sering digunakan untuk bumbu memasak. Padahal, bawang putih memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Antara lain menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu menghambat proses penuaan dan risiko terkena kanker, serta menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, bawang putih bisa meningkatkan kadar insulin bagi para penderita diabetes, dan menambah nafsu makan. Meski aromanya tidak mengenakan, tapi bawang putih berkhasiat karena mengandung sumber vitamin dan mineral seperti fosfor, kalium, natrium, magnesium, dan besi.

Bawang Merah
Sama seperti dengan bawang putih, bawang merah juga mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Khasiat itu untuk mengatasi batuk dan pilek pada bayi, mengatasi demam dan perut kembung pada anak-anak, dan melancarkan buang air kecil maupun besar.

Biasanya jika digunakan untuk bayi, bawang merah lebih dulu ditumbuk sedikit setelah itu letakkan di atas kepala bayi. Sebab, ada beberapa kandungan zat yang ada dalam bawang merah, antara lain vitamin, zat pati, saponin, peptide, metilallin, dihidroallin, minyak atsiri, dan lainnya. (merdeka.com/Salimah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.