4 Keistimewaan Salat Tahajud 7 Hari 7 Malam

Avatar of PortalMadura.com
4 Keistimewaan Salat Tahajud 7 Hari 7 Malam
Ilustrasi (pikiran rakyat)

PortalMadura.Com – Tahajud merupakan salah satu salat sunah muakad yang didirikan pada malam hari atau malam menjelang pagi (sepertiga malam) setelah terjaga dari tidur. Dilaksanakan dua rakaat atau lebih dan dilanjutkan dengan zikir dan doa. Sebagaimana firman Alla SWT yang artinya: “Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS Al Isra: 79)

Dan sabda Rasulullah SAW yang artinya: “Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR Muslim nomor 757)

Ada banyak hal istimewa dari , salah satunya yaitu melaksanakan salat tahajud selama tujuh hari tujuh malam berturut-turut akan mendapatkan beberapa keajaiban di dunia dan di akhirat. Lantas apa saja keajaibannya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut ini penjelasannya:

Dikabulkan Doanya

Bagi kaum Muslimin yang melakukan salat tahajud merupakan bagian dari ikhtiar untuk meminta sesuatu kepada Allah SWT. Dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Allah turun ke langit dunia setiap malam pada sepertiga malam terakhir. Lalu Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Dan siapa yang meminta kepadaKu niscaya Aku beri! Dan siapa yang meminta ampun kepada-Ku pasti akan Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga terbit fajar.” (HR Bukhari nomor 145 dan Muslim 758)

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya pada malam hari ada dua saat (waktu) tidaklah seorang muslim memohon kepada Allah, kebaikan dari urusan dunia dan akhirat, bertepatan dengan saat tersebut, melainkan dia memberikan permohonan dan hal tersebut pada setiap malam.” (HR Bukhari dan muslim)

Mendapat Rahmat Allah SWT

Rasulullah SAW bersabda: “Allah akan merahmati seorang suami yang bangun di malam hari kemudian ia salat dan membangunkan istrinya, dan jika istri enggan melaksanakan salat, lalu ia percikkan air ke wajahnya dan Allah merahmati seorang istri yang bangun di malam hari kemudian ia salat dan membangunkan suaminya, dan jika suaminya enggan melakukan salat, ia percikkan air ke wajahnya.” (HR Abu Dawud)

Allah SWT berfirman: “(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (adzab) akhirat dan mengharapkan rahmat Rabb-nya? … “ (QS Az-Zumar/39: 9)

Riwayat hadis dan ayat di atas benar-benar menjelaskan, bagi siapa saja yang menjalankan salat tahajud ketika orang-orang tertidur pulas, maka ia akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Mendapat Ampunan

Dosa-dosa manusia memang tidak terasa selalu bertambah. Oleh karena itu, rajin salat tahajud sebagai ikhtiar dan meminta ampunan kepada Allah SWT agar semua dosa dihapus.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: “Dirikanlah Qiyamul Lail, karena itu merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian, dan merupakan bentuk taqarrub, penghapus dosa dan penghalang dalam berbuat kekhilafan.” (HR At-Tirmidzi)

Dicintai Allah dan Seluruh Makhluk-Nya

Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya Allah SWT jika mencintai seorang hamba, maka Dia memanggil Malaikat Jibril dan berkata: “Wahai Jibril, aku mencintai orang ini maka cintailah dia!” Maka Jibril pun mencintainya, lalu Jibril mengumumkannya kepada seluruh penduduk langit dan berkata: “Wahai penduduk langit, sesungguhnya Allah mencintai orang ini, maka cintai pulalah dia oleh kalian semua, maka seluruh penduduk langit pun mencintainya. Kemudian orang itu pun dicintai oleh segenap makhluk Allah di muka bumi ini.” (HR Bukhari)

Allahu a'lam bisshawab.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.