oleh

4 Keutamaan Bulan Zulhijah yang Harus Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Saat ini sudah memasuki awal Bulan Zulhijjah atau yang biasa di kenal dengan bulan Haji atau bulan besar. Bulan Zulhijjah ini mrupakan salah satu bulan yang sangat di tunggu oleh umat Islam di dunia, karena bulan ini memiliki banyak keutamaan daripada bulan yang lain.

Anda harus tahu empat keutamaan pada bulan ini dilansir dari laman Ringtimesbanyuwangi.com, Kamis (23/7/2020), berikut penjelasannya:

iklan pilbup

Pertama, Islam disempurnakan oleh Allah pada bulan Zulhijjah

Allah berfirman: “Pada hari ini telah Aku sempurnakan bagi kalian agama kalian, dan telah Aku sempurnakan nikmat-Ku atas kalian, dan Aku telah meridhai Islam itu agama bagi kalian.” (Qs. Al Maidah: 3)

Kedua, puasa bulan Arafah lebih utama dari puasa Asyura sekalipun. Bagi umat Islam yang tidak melaksanakan ibadah haji dianjurkan untuk melaksanakan puasa. Dari Abu Qatadah Al-Anshari Ra, ia berkata:

“Bahwa Rasulullah a pernah ditanya tentang puasa hari Arafah, lalu Rasulullah a menjawab; “Ia menghapuskan dosa-dosa tahun lalu dan yang akan datang.” Rasulullah ditanya tentang puasa hari Asyura, lalu beliau menjawab, “Ia menghapus dosa-dosa tahun yang lalu.”

Ketiga, dilaksanakannya ibadah haji pada bulan ini untuk menyempurnakan rukum Islam.
Dari Abu Hurairah Ra, ia berkata, aku mendengar Rasulullah Saw bersabda:

”Barangsiapa haji karena Allah, lalu ia tidak melakukan perbuatan rafas dan perbuatan fasik, maka ia kembali dalam keadaan seperti hari ia dilahirkan oleh ibunya.”

Keempat, berkurban merupakan menyembelih hewan kurban yang hanya dilakukan pada bulan Zulhijjah. Dalam surat Al Kautsar ayat 2, Allah SWT berfirman:

“Maka shalatlah kamu untuk Tuhanmu dan berkurbanlah!” (Qs. Al Kautsar: 2)

Dari ayat tersebut jelas diterangkan perintah berkurban. Namun, di balik adanya perintah berkurban, terdapat kisah pembuktian keimanan Nabi Ibrahim As yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih putranya, Nabi Isma’il As.

Saat perintah tersebut akhirnya dilaksanakan, Allah SWT mengganti sembelihan Nabi Ibrahim As, dari puteranya diganti dengan seekor domba. Dari asbabun nuzul perintah penyembelihan hewan kurban tersebut, dapat diambil hikmah bahwa setiap harta yang kita miliki di dunia merupakan titpan Allah SWT yang sewaktu – waktu dapat dicabut hak tersebut.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber Ringtimesbanyuwangi.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar