4 Keutamaan Lakukan Ibadah Haji

  • Bagikan
4 Keutamaan Lakukan Ibadah Haji
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ibadah haji merupakan rukun Islam yang ke lima. Bagi seorang muslim yang sudah memenuhi syarat wajib haji hendaknya tidak menunda untuk berangkat menjadi tamu Allah SWT. Karena sungguh mulia jika seseorang bisa memenuhi panggilan Tuhannya ke Baitullah.

Sebagaimana yang dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang mengutip dari Lirboyo.net, ibadah haji merupakan rukun penyempurna bagi umat Islam. Rasulullah SAW bersabda: “Bersegeralah Kalian menunaikan ibadah haji, karena sesungguhnya salah satu dari kalian tidak mengetahui akan keberadaan halangan yang merintang.” (H.R. Ahmad)

Selain itu, ternyata banyak keutamaan yang akan didapat seseorang ketika menunaikan ibadah haji. Apa saja? Berikut ini penjelasannya:

Dengan Haji yang Mabrur, Maka Ibadah haji menjadi Salah Satu Di antara Ibadah yang Paling Utama

Dalam riwayatnya, Abu Hurairoh berkata: “Amal ibadah apakah yang paling utama?”

Rasulullah bersabda: “Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Dikatakan kepadanya: “Kemudian apa?” Beliau bersabda: “Jihad di jalan Allah.” Dikatakan kepadnya: “Kemudian apa?” Beliau bersabda: “Haji yang mabrur.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Surga Adalah Balasan bagi Haji yang Mabrur

Rosulullah bersabda: “Umrah yang pertama sampai umrah berikutnya adalah kaffarot (pelebur) dosa yang dilakukan di antara keduanya, dan haji mabrur tiada balasan baginya melainkan syurga.” (H.R. Bukhori, Muslim)

Baca Juga: Polisi Periksa Suami Hajar Istri Setelah Kepergok Bareng Selingkuhan

Ibadah Haji Bisa Menghapus Dosa, Bahkan Keseluruhan Dosa Bisa Terhapus dengan Ibadah Haji

Rasulullah bersabda: “Barangsiapa berhaji dan dia tidak melakukan jima’ dan tidak pula melakukan perbuatan dosa, maka dia kembali seperti hari ia dilahirkan ibunya.” (H.R. Bukhori, Muslim)

Orang yang Menunaikan Haji dan Umrah Doanya Dikabulkan

Dari ‘Abdulloh ibnu ‘Umar, Rasulullah bersabda: “Orang yang berperang di jalan Allah, orang yang menunaikan haji dan yang menunaikan umrah adalah tamu Allah. Allah memanggil mereka, maka merekapun menjawab panggilan-Nya. Dan mereka memohon kepada-Nya, Allah-pun memberikan permohonan mereka.”

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.