4 Khasiat Istimewa Bacakan Buku pada Bayi Sejak Dini

4 Khasiat Istimewa Bacakan Buku pada Bayi Sejak Dini
ilustrasi (kompas.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Orang tua yang membacakan buku pada buah hatinya ternyata bisa memberi banyak sekali dampak positif. Sekalipun bayi masih belum mengenal huruf dan belum mampu membaca, tapi dengan melakukan hal itu padanya bisa memberinya banyak manfaat.

Sebenarnya, sejak bayi masih dalam kandungan, ibu bisa mulai membacakan cerita dengan suara lantang agar bayi sudah bisa mengenal suara ibunya sejak dini.

Sebagaimana menurut American Academy of Pediatrics, membacakan buku pada bayi itu tidak perlu menunggu bayi bisa bicara dulu. Malah semakin cepat Anda mulai mengenalkan buku dan membacakan cerita padanya, maka dampaknya akan lebih baik.

Setidaknya ada empat manfaat yang bisa didapatkan dengan membacakan buku pada bayi. Berikut ini uraiannya:

Meningkatkan Kemampuan Mendengar Bayi
Ketika Anda membacakan cerita pada bayi, maka ini bisa merangsang bayi untuk mulai tertarik dengan suara-suara. Hal ini pun bisa bantu meningkatkan kemampuan mendengar bayi. Selain itu, bayi juga bisa merasa nyaman dan senang saat Anda bisa menghabiskan waktu bersamanya membacakan buku.

Baca Juga:  Paud Budi Luhur Paberasan Perkuat Visi Misi Bupati Sumenep

Meningkatkan Imajinasi dan Kosakata
Dengan membacakan buku pada si kecil, maka imajinasi dan kosakatanya akan meningkat. Kemampuan berkomunikasi anak pun bisa ikut meningkat seiring waktu berjalan.

Meningkatkan Daya Ingat
Saat mendengarkan cerita, si kecil bisa meningkatkan daya ingatnya. Semakin banyak mengenal angka, huruf, warna, dan cerita maka daya ingatnya pun akan semakin bertambah.

Baca Juga: Para Orang Tua, Kenali 6 Alasan Pentingnya Membacakan Dongeng untuk Buah Hati Anda

Meningkatkan Kemampuan Sosialnya
Penelitian membuktikan bahwa mendengarkan berbagai macam kata yang mengekspresikan emosi bisa meningkatkan kemampuan emosi dan sosial si kecil. Kemampuan sosial anak bisa meningkat karena dia distimulasi untuk menyentuh, melihat, dan merespon cerita yang dibacakan.

Baca Juga:  Paud Budi Luhur Paberasan Perkuat Visi Misi Bupati Sumenep

Membacakan buku, mendongeng, atau membacakan cerita bisa memberi dampak yang sangat positif untuk si kecil. Mulai dari sekarang Anda biasakan untuk lebih rutin membacakan cerita-cerita menarik pada buah hati tercinta.

Rewriter : Salimah
Sumber : fimela.com


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.