oleh

4 Khasiat Tersembunyi Daun Pandan Bagi Kecantikan

PortalMadura.Com – Pandan merupakan tanaman yang memiliki nama latin Pandanus amaryllifoulis. Biasanya, daun dari tanaman ini dimanfaatkan untuk bahan tambahan masakan agar lebih sedap. Tidak hanya sebagai bahan pewangi makanan, daun pandan ternyata juga berkhasiat bagi kecantikan kulit.

Karena, di dalamnya mengandung beberapa nutrisi penting yang bermanfaat seperti saponin, polifenol, tanin, pigmen, dan alkaloid. Kandungan daun pandan tersebut sehingga mampu mengatasi masalah kulit yang berminyak. Mulai dari jerawat, komedo, dan flek hitam.

Berikut ini beberapa resep penggunaan daun pandan untuk permasalahan kulit tersebut:

Mengatasi Jerawat
Jerawat merupakan masalah yang banyak dialami oleh remaja. Tapi banyak juga orang dewasa yang mengalami jerawat pada masa-masa tertentu, misalnya ketika menjelang menstruasi, stres, atau makan-makanan yang memicu jerawat. Perawatan tradisional memang memakan waktu lebih lama dibandingkan perawatan medis seperti mikrodermabrasi. Namun jika Anda tekun, Anda pun dapat mengurangi jerawat dengan masker ini.

Bahan yang diperlukan : siapkan daun pandan, 1/2 sdt madu, pisang, 1/4 minyak zaitun (Extra Virgin Oil Oil), dan 1/2 jeruk nipis. Cara membuatnya yaitu peras daun pandan sampai dengan menghasilkan 1/2 sdt air perasannya. Haluskan pisang sampai menjadi bubur. Peras jeruk nipis, lalu campurkan air perasan daun pandan dengan madu murni. Aduk sampai kedua bahan tercampur rata. Tambahkan bubur pisang dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih 5 menit, lalu masukan minyak zaitun (EVOO) ke dalam campuran yang telah dibuat.

Cara penggunaan : Anda dapat menggunakan campuran air perasan daun pandan di atas sebagai masker untuk mengatasi jerawat. Anda dapat menggunakan masker ini pada bagian mata dan leher. Hasil terbaik akan Anda dapat jika menggunakan masker ini secara rutin 2 kali seminggu.

Masker ini selain efektif untuk mengatasi jerawat juga ampuh untuk mengatasi flek hitam yang diakibatkan oleh bekas jerawat. Penggunaan masker ini akan membuat wajah Anda bebas jerawat dan juga noda-noda bekas jerawat akan memudar.

Baca: Daun Pandan, Solusi Atasi Flek Hitam di Wajah

Mengatasi Komedo yang Membandel
Permasalahan kulit berminyak lainnya yaitu komedo. Komedo baik yang berupa white heads maupun black heads yang biasanya ada di daerah hidung dan dagu tentu saja sangat mengganggu penampilan. Dengan menggunakan bahan alami yang berasal dari daun pandan berikut, Anda dapat menghemat uang untuk pergi facial ke salon.

Bahan : siapkan daun pandan, jeruk nipis, dan madu. Jeruk nipis dapat pula diganti dengan jeruk lemon. Cara pembuatan, peras daun pandan sampai Anda mendapatkan air perasannya. Campur air perasan daun pandan ini dengan air perasan jeruk nipis dan madu. Aduk semua bahan sampai merata.

Cara penggunaan : aplikasikan bahan yang telah dibuat pada bagian yang memiliki banyak komedo, misalnya daerah hidung dan dagu. Biarkan campuran itu selama kurang lebih 15 menit. Bersihkan dengan menggunakan air.

Menenangkan dan Mengurangi Stres
Manfaat daun pandan bukan hanya untuk pemakaian luar semata. Apa yang Anda makan akan terpancar keluar dan mempengaruhi kecantikan Anda. Jika diminum, daun pandan akan mampu memberikan efek menenangkan dan mengurangi stres.

Bahan : 4 daun pandan yang diikat menjadi satu, 5 butir kapulaga, 1 ruas jahe, dan 2 sdm gula aren. Cara pembuatannya, panaskan 3 gelas air hingga mendidih. Setelah mendidih masukan daun pandan yang telah diikat, kapulaga, dan jahe. Panaskan pada suhu medium selama kurang lebih 10 menit. Masukan gula aren sesuai dengan selera Anda.

Manfaat Relaksasi atau Penenang
Untuk pembuatan teh dengan daun pandan ini, Anda dapat juga menggunakan campuran daun pandan dengan daun sereh. Sereh memiliki efek penenang yang bagus. Selain itu, sereh juga memiliki kemampuan detoksifikasi dan antioksidan yang berguna untuk kecantikan.

Bahan : siapkan daun pandan dan daun sereh, Anda dapat juga menambahkan jahe sebagai penambah aroma. Cara pembuatan : didihkan air, masukan daun pandan dan dauh sereh. Panaskan pada suhu medium, tunggu beberapa saat. Hidangkan dalam cangkir, Anda dapat menambahkan jahe maupun pemanis seperti gula, gula aren, vanila, atau madu sesuai dengan selera.

Daun pandan untuk pembuatan teh ini sebaiknya diikat agar mudah untuk dibuang saat teh telah masak. Teh daun pandan ini dapat disimpan dalam lemari es dan tahan sampai dengan sekitar 7 hari. Selain perawatan dari dalam, Anda juga dapat berolah raga untuk mengurangi stres. Semoga bermanfaat. (KlinikKecantikan.co.id)


Komentar