oleh

4 Lokasi Gua Jepang yang Dianggap Paling Horor di Indonesia

PortalMadura.Com – Indonesia merupakan salah satu negara yang pernah dijajah oleh Jepang selama kurang lebih 3,5 tahun. Sehingga banyak peningglan Jepang di negara ini yang menjadi bukti sejarah betapa kejamnya para tentara Jepang memperlakukan orang pribumi.

Salah satu bukti kekejaman Jepang yang sampai saat ini masih ada yaitu bunker atau benteng pertahanan para tentara Jepang yang ada di beberapa daerah di Indonesia. Selain sebagai banteng pertahanan, gua-gua ini seringkali digunakan sebagai tempat menyiksa tahanan hingga mereka meninggal. Sehingga tempat ini menyisakan kisah kelam dan berbau mistis.

Lalu, di mana saja letak gua-gua Jepang tersebut? Berikut ini daftarnya, Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (17/8/2019) dari laman okezone.com yang mengutip dari berbagai sumber.

Bali

Gua Jepang di Bali terletak di kawasan Klungkung, Karang Asem dan Gianyar. Menurut sejarah, Gua ini dibangun oleh masyarakat dengan cara romusa (kerja paksa). Fungsinya yaitu untuk benteng pertahanan sekaligus tempat penahanan bagi para pribumi (orang-orang Indonesia).

Tidak terhitung sudah banyak orang yang ditahan dan disiksa sampai mati di tempat ini. Akibat sejarah kelam tersebut, gua Jepang yang memiliki kedalaman 15 meter itu konon menjadi rumah bagi sejumlah makhluk halus. Berdasarkan penuturan penduduk lokal, mereka seringkali melihat sosok penampakan manusia dengan tubuh yang terluka parah. Ada juga yang menyerupai siluman berwajah menyeramkan.

Bandung

Siapa sangka Kota Kembang Bandung juga menjadi saksi bisu kekejaman penjajah Jepang. Gua Jepang di Bandung dibangun pada tahun 1942 dengan fisik dan bangunan yang sangat kuat. Lokasinya berada di Taman Hutan Ir. Juanda di Bukit Dago Pakar, Bandung. Sama seperti gua-gua Jepang pada umumnya, tempat ini juga digunakan sebagai tempat persembunyian dan sel tahanan.

Menurut pengakuan warga sekitar, mereka seringkali melihat penampakan hantu-hantu menyerupai orang Jepang yang berkliaran di dekat gua. Suara-suara teriakan misterius pun kerap santer terdengar hingga membuat bulu kuduk merinding.

Baca Juga: 164 Napi Rutan Sumenep Dapat Remisi HUT RI 2019

Manado

Beralih ke Sulawesi, Kota Manado yang dikenal berkat kuliner dan keindahan alamnya yang begitu eksotis ternyata juga memiliki peninggalan gua Jepang. Selain digunakan sebagai tempat penyiksaan dan sel tahanan, gua ini digadang-gadang dapat menimbulkan efek ilusi.

Percaya atau tidak, banyak pengunjung yang pernah menyaksisakan langsung bahwa gua ini memiliki dua lubang. Padahal setelah mereka melihat secara seksama, gua tersebut hanya memiliki satu jalan masuk. Tidak sedikit pula yang pernah mengalami kejadiaan-kejadiaan mistis saat mencoba memasuki area gua.

Bukittingi

Meski sudah menjadi tempat wisata, Lubang Jepang di Bukittingi, Sumatera Barat, ternyata juga menyimpan segudang kisah mistis yang menyeramkan. Pada masanya, Lubang Jepang digunakan sebagai terowongan atau bungker pertahanan yang dulu beroperasi sekitar tahun 1942 silam. Lubang ini juga disebut-sebut sebagai terowongan terpanjang di Asia dengan total panjang mencapi 8 km.

Tidak hanya itu, di dalamnya juga terdapat sekitar 21 lorong kecil dengan berbagai fungsi, mulai dari ruangan khusus untuk menyiksa tahanan tanpa diberi makan dan minum, hingga ruangan kecil untuk membuang jenazah. Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti berapa jumlah korban meninggal akibat pembangunan lubang tersebut karena melalui proses romusa.(*)


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar