4 Manfaat Ajak Anak ke Acara Keluarga Saat Lebaran

Acara keluarga saat lebaran
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Salah satu riyual yang biasa dilakukan setiap hari raya Idul Fitri yaitu berkumpul bersama keluarga. Kebiasaan ini ternyata sangat bermanfaat bagi perkembangan psikologi anak. Oleh karena itu, momen ini jangan sampai terlewatkan.

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dan anak dapatkan saat datang ke acara kumpul keluarga saat Lebaran Idul Fitri. Penasaran apa saja? Berikut ini ulasannya:

Memperkuat Hubungan Anak dengan Saudaranya
Beberapa saudara mungkin kurang mengenal dan memahami anak. Tetapi pasti ada satu atau dua orang keluarga yang memiliki ikatan khusus dengan anak. Menjaga ikatan ini tetap terjalin menjadi sesuatu yang penting. Apalagi anak-anak tumbuh dengan cepat. Mereka perlu mengetahui dari mana mereka berasal melalui pertemuan keluarga besar. Semakin dewasa, ia akan semakin menghargai nilai-nilai mengenai keluarga.

Memberi Pengalaman Kehidupan yang Berbeda
Sewaktu kecil, acara yang ditunggu-tunggu yaitu kumpul keluarga karena bisa bermain dengan sepupu yang sebaya. Mulai dari bermain petak umpet di halaman rumah nenek, hingga menikmati segelas besar es krim bersama-sama. Pengalaman semacam inilah yang perlu dirasakan oleh anak. Rasanya akan berbeda antara bermain bersama teman sekolah yang bisa ditemui hampir setiap hari dengan bermain bersama sepupu yang hanya dapat berjumpa setahun sekali.

Memberi Role Model Tambahan Bagi Anak
Bila selama ini panutan anak hanyalah Mama, Papa atau ibu guru di sekolah, saat kumpul keluarga bisa saja ia mengidolakan tantenya yang bekerja menjadi pramugari. Atau anak bercita-cita menjadi tentara setelah mengetahui bahwa kakeknya dulu merupakan seorang pejuang.

Meningkatkan Empati Anak
Saat kumpul keluarga, anak akan bertemu dengan berbagai karakter orang dan berinteraksi dalam jangka waktu tertentu. Ia akan belajar memahami masing-masing orang. Jadi, lain kali ia diajak ke acara kumpul keluarga, kemampuannya berempati akan semakin terlatih. (parenting.co.id/Desy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.