oleh

4 Manfaat Bubuk Kakao bagi Kesehatan Tubuh Anda

PortalMadura.Com – Bubuk kakao adalah salah satu bahan yang kerap digunakan untuk membuat kue atau sekedar minuman hangat. Selain sebagai penambah rasa, bubuk kakao juga memiliki manfaat lain. Bubuk kakao mengandung beberapa mineral, seperti kalsium, tembaga, magnesium, natrium, seng, fosfor dan kalium. Komponen utama lainnya adalah epicatechin dan catechin, yang merupakan dua zat nabati yang disebut flavonoid.

Kakao sering kita jumpai dalam produk cokelat. Kakao adalah bentuk cokelat paling murni dari yang biasanya Anda konsumsi. Kakao merupakan biji dari tanaman Theoboroma cacao. Tanaman ini menghasilkan buah yang cukup besar dan masing-masing mengandung 20 sampai 60 biji yang diselimuti oleh daging buah berwarna putih. Tak seperti rasa cokelat yang telah diolah, buah ini memiliki rasa yang kadang manis kadang juga asam.

Melansir dari laman fimela.com, selain dapat membuat suasana hati lebih baik kakao ternyata juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan seperti berikut ini.

Mengandung Polifenol yang Baik untuk Kesehatan
Polifenol adalah antioksidan alami yang ditemukan dalam makanan seperti buah-buahan, sayuran, teh, cokelat dan anggur. Kakao merupakan salah satu sumber polifenol yang mengandung antioksidan kuat dan efek anti-inflamasi. Namun, proses pengolahan dan pemanasan kakao dapat menyebabkan kehilangan beberapa kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan lainnya.

Mengurangi Tekanan Darah
Kakao, baik dalam bentuk bubuk maupun dalam bentuk cokelat hitam, mungkin dapat membantu menurunkan tekanan darah. Flavonoid dalam kakao dianggap dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah yang dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah. Namun, penting untuk diingat bahwa proses pemasakan yang berlebihan pada kakao secara signifikan mengurangi jumlah flavonoid.

Meningkatkan Aliran Darah ke Otak
Beberapa penelitian telah menemukan bahwa polifenol, seperti yang ada dalam kakao, dapat mengurangi risiko penyakit neurodegenerative dengan meningkatkan fungsi otak dan aliran darah. Selain itu, flavonoid memengaruhi produksi oksida nitrat, yang dapat melemaskan otot-otot pembuluh darah, meningkatkan aliran darah dan suplai darah ke otak.

Meningkatkan Mood
Selain dampak positif kakao pada degenerasi mental yang berkaitan dengan usia, efeknya pada otak juga dapat meningkatkan suasana hati dan gejala depresi. Cokelat dapat berperan sebagai peningkatan suasana hati seseorang. Kakao memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, tentunya dengan konsumsi yang tidak berlebihan.

Rewiter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar