6 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Kulit dan Tubuh Lho?

Avatar of PortalMadura.Com
manfaat kencur
manfaat kencur untuk kesehatan

PortalMadura.Com – Salah satu bumbu dapur yang memiliki manfaat bagi tubuh adalah kencur. Kencur memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh dan biasanya dibuat sebagai ramuan seperti jamu yang dapat digunakan sebagai obat alami untuk kesehatan. Selain dibuat untuk ramuan, kencur biasanya digunakan sebagai bahan masakan.

Walaupun kencur bentuknya hampir mirip dengan jahe, tetapi kencur memiliki cita rasa yang berbeda dan khas. Kencur biasa ditemukan di negara seperti Indonesia, Cina, Taiwan dan Kamboja.

Kencur merupakan sumber seng, pati, mineral, asam cinnamic dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain dapat menambah nafsu makan, kencur juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ada banyak manfaat kencur lainnya untuk kesehatan dan salah satunya bisa mengobati jerawat?

Manfaat Kencur

Menyembuhkan batuk dan pilek

Kencur dapat mengobati masalah kesehatan batuk dan pilek. Cukup cuci kencur, parut dan tambahkan sedikit air jeruk nipis atau madu. Anda cukup mengonsumsi tiga kali sehari sampai gejala batuk dan pilek mereda. Sifat hangat dari kencur dapat membantu meredakan batuk dan pilek.

Obat sariawan

Kencur juga dapat digunakan untuk menyembuhkan masalah sariawan. Anda hanya perlu meneteskan beberapa ramuan (kencur yang telah diparut dan diberi sedikit air) di permukaan bibir yang terdapat sariawan. Sensasi rasa pedasnya dapat menyembuhkan jerawat.

Obat sakit kepala

Salah satu obat mujarab yang alami bagi penderita sakit kepala adalah dengan menggunakan kencur. Kencur dapat menjadi pilihan alternatif daripada harus mengonsumsi obat-obatan yang memiliki efek samping. Mengonsumsi obat-obatan secara terus menerus dapat menyebabkan efek samping kedepannya, untuk itu guakan ramuan kencur untuk mengatasi sakit kepala.

Baca Juga: 5 Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Mencegah jerawat

Selain dapat mengobati sakit kepala, kencur juga dapat digunakan untuk mencegah munculnya jerawat. Kencur dapat mencegah munculnya hormon yang dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat. Selain dapat mencegahnya, kencur juga bisa mengatasi bekas jerawat.

Mengurangi tingkat kolestrol

Kandungan yang terdapat pada kencur dapat meningkatkan aliran empedu. Cairan empedu yang mengalir dengan baik memiliki peran penting dalam penyerapan makanan dalam tubuh. Jika makanan bisa diserap dengan baik, kadar kolestrol akan berkurang juga.

Mencegah radikal bebas

Sering mengonsumsi ramuan yang berbahan dasar kencur dapat menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Radikal bebas adalah salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit. Misalnya adalah kanker kulit.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.