4 Manfaat Luar Biasa Temani Anak Belajar

Avatar of PortalMadura.com
4 Manfaat Luar Biasa Temani Anak Belajar
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kewajiban orang tua dalam mendidik anak-anaknya memang bukan tugas yang mudah. Terutama di tengah kesibukan mereka yang bekerja dan mengurus berbagai hal, orang tua masih tetap memiliki tugas penting dalam mendampingi si kecil belajar, tentunya selain menyekolahkan mereka.

Aktivitas seperti ini mungkin terlihat sepele, namun tidak sedikit dari orang tua yang sulit melakukannya. Terlebih, bagi orang tua yang punya kesibukan padat sendiri dengan pekerjaan atau karier. Kendati demikian, ternyata meluangkan waktu untuk menemani anak belajar bisa memberi banyak manfaat.

Menemani anak belajar tidak selalu berarti mengambil alih dan menyelesaikan semua PR anak. Lebih dari itu, waktu yang diluangkan untuk menemani anak belajar bisa memberi sejumlah manfaat penting.

Baca Juga: 5 Cara Bantu Siapkan Mental Anak Saat Pindah Sekolah

Nah, berikut ini empat manfaat luar biasa menemani anak belajar, seperti dikutip PortalMadura.Com, Ahad (9/2/2020) dari laman Fimela.com:

Membantu Anak Lebih Fokus Belajar

Ketika Anda tidak mendampingi anak, maka si kecil bisa dengan mudah terganggu fokus dan daya konsentrasinya saat belajar. Dengan menemani anak belajar, Anda dapat membantunya menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar. Kehadiran Anda di sisinya untuk belajar bisa memberinya semangat untuk belajar tanpa rasa malas.

Membangun Contoh yang Baik

Seorang pendidik, Elliott Shostak, dalam artikelnya “The Benefits of Helping Children with Homework” mengungkapkan bahwa salah satu cara terbaik untuk membangun kemampuan belajar seumur hidup, maka Anda perlu memberi contoh yang baik untuk anak-anak Anda.

Saat anak sedang mengerjakan PR, Anda bisa menemaninya dengan duduk di dekatnya sambil membaca buku. Izinkan anak bertanya jika dia mengalami kesulitan dengan PR-nya.

Membantu Anak Disiplin Belajar

Membangun kedisiplinan perlu dilakukan sejak dini. Prosesnya pun tidak instan. Anda perlu sabar dalam membantu anak membangun karakter disiplin pada dirinya.

Dengan menemani anak belajar, Anda bisa sekalian mengarahkannya untuk membuat jadwal belajar yang baik. Saat sudah terbiasa belajar pada jam-jam tertentu, anak bisa memiliki inisiatif sendiri untuk belajar tanpa disuruh lagi.

Meningkatkan Kedekatan dengan Anak

Saat Anda membantu anak menyelesaikan tugas sekolahnya, Anda bisa sekalian membuka berbagai topik dengannya terkait sekolah dan kesehariannya di sekolah.

Seperti, apakah anak selama ini nyaman di sekolah?. Siapa saja teman-temannya?. Siapa guru favoritnya?. Menemani anak belajar bisa jadi “jembatan” untuk membuka berbagai topik obrolan lain yang lebih luas.

Selain yang disebutkan di atas, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari kegiatan ini. Semoga artikel ini bisa jadi referensi penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan membuatnya senantiasa bersemangat belajar.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.