4 Penyebab Anda Kerap Terbangun Tidur pada Malam Hari

Avatar of PortalMadura.com
4 Penyebab Anda Kerap Terbangun Tidur pada Malam Hari
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Berbagai faktor yang menyebabkan banyak orang terbangun di tengah malam. Hal ini yang pada akhirnya membuat istirahat mereka sangat terganggu.

Dalam sebuah penelitian di Amerika Serikat (AS), diketahui bahwa 35 persen penduduk di negara itu mengalami bangun di tengah malam setidaknya tiga kali dalam sepekan. Tidur yang tidak nyenyak sepanjang malam dapat membuat mood yang tidak baik untuk keesokan harinya Anda beraktifivitas.

Seperti yang dilansir republika.co.id dikutip dari Cnet, ada beberapa penyebab Anda kerap terbangun di malam hari atau yang merupakan bentuk dari insomnia. Seperti apa, simak dibawah ini.

Ingin ke Toilet
Kebanyakan, orang-orang terbangun sepanjang malam untuk buang air kecil. Jika setelah itu tetap ingin terjaga, maka ini jelas menganggu siklus Anda. Karenanya, disarankan untuk mengurangi asupan cairan di malam hari. Jangan minum apapun dua jam sebelum tidur.

Baca Juga: Ancam Mau Membunuh, Pemuda Sumenep Ditangkap Polisi

Sleep Apnea
Sleep apnea disebut dengan gangguan serius pada pernapasan yang terjadi saat tidur, di mana saluran udara terhambat karena dinding tenggorokan yang mengendur dan menyempit. Karena itu, sleep apena bukanlah hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja jika Anda mengalaminya.

Ketika tidur, otot-otot tenggorokan dapat mengendur dan lemas. Tak hanya menyebabkan tidur malam hari Anda terganggu, sejumlah masalah kesehatan lainnya akibat kurang tidur secara jangka panjang juga akan menghampiri.

Segeralah Berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang terbaik. kemungkinan tenaga medis menyarankan Anda menggunakan alat berupa mesin pernapasan, hingga melakukan perubahan gaya hidup seperti menurunkan berat badan.

Ponsel sebelum Tidur
Empat dari lima remaja mengatakan mereka tidur dengan ponsel di kamar dan banyak orang dewasa juga melakukannya. Banyak orang bahkan mengakui memeriksa perangkat seluler saat mereka sudah tertidur.

Hal itu diakibatkan oleh cahaya biru buatan yang dipancarkan dari layar ponsel atau perangkat serupa lainnya, menunda ritme sirkadian Anda dan menekan melatonin, bahan kimia alami yang memberi tahu tubuh Anda bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Ketika Anda menatap ponsel Anda tepat sebelum tidur, itu menyebabkan tubuh ingin bangun dan menjadi lebih waspada. Meski tidak mudah, cobalah untuk tidak menggunakan ponsel atau komputer sebelum tidur. Dua jam sebelum waktu istirahat di malah hari tiba, singkirkan semua gadget dan lakukan aktivitas santai seperti membaca.

Mulas
14 hingga 20 persen orang Amerika mengalami mulas setidaknya seminggu sekali dan 70 hingga 75 persen dari mereka mengalaminya di malam hari. Bahkan mulas merupakan salah satu masalah yang buruk.

Mulas atau gangguan perut ini dapat membuat Anda terbangun di malam hari, dengan rasa tidak nyaman seperi sensasi terbakar, hingga akhirnya sulit untuk tertidur kembali. Pada umumya, mulas disebabkan karena konsumsi makanan pedas, cokelat, jeruk dan alkohol.

Jika Anda tidak dapat mengetahui penyebab gangguan pencernaan Anda, cobalah membuat jurnal makanan bersama dengan mencatat gejala Anda. Dari sana, Anda dapat menghilangkan makanan yang diduga menjadi penyebab mulas.

Kemudian, coba untuk menghindarinya sesering mungkin dan hal ini dapat membuat Anda merasa nyaman saat terbangun di pagi hari.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.