4 Penyebab Lidah Menguning, Apa saja?

Avatar of PortalMadura.Com
penyebab lidah menguning kuning
penyebab lidah menguning kuning

PortalMadura.Com – Salah satu indra yang berfungsi untuk mengecap rasa, yaitu lidah. Ternyata warna kuning pada lidah tidak selalu mengkhawatirkan, karena bisa jadi hal itu karena makanan yang mengndung pewarna buatan atau semacamnya.

Namun, bagaimana jika meski tidak mengonsumsi makanan apapun lidah tetap berwarna kuning? Bisa jadi hal itu menunjukkan kondisi tubuh Anda yang tidak sehat. Ada beberapa penyebab lidah menguning. Apa saja?

Penyebab Lidah Menguning

Berikut ini penjelasannya:

Kebersihan Mulut yang Buruk

Jika Anda tidak rutin menyikat gigi dan lidah, maka makanan dan kotoran yang ada di mulut akan menumpuk. Kebiasaan merokok, minum kopi dan teh dapat membuat lidah terlihat kuning jika tidak menggosok gigi setelahnya. Keadaan mulut yang kering atau xerostomia, juga bisa membuat lidah menjadi kuning.

Sariawan di Mulut

Sariawan terjadi karena terlalu banyak infeksi jamur candidiasis di lidah. Penumpukan ini membuat lidah terlihat kuning. Sariawan pada mulut menjadikan seseorang tidak nyaman dan akan menganggu saat makan dan berbicara.

Kelebihan Beta Karoten

Mengonsumsi makanan mengandung tinggi beta karoten dapat menyebabkan perubahan warna pada lidah. Kondisi ini disebut dokter dengan carotenemia. Makanan yang memiliki kandungan beta karoten yang tinggi yaitu wortel, ubi jalar, pepaya, labu, dan mangga.

Baca Juga: Ini 5 Obat Asam Urat Alami yang terbukti Ampuh

Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan yang mengandung bahan seperti jeruk akan mengubah lidah secara sementara. Jenis obat-obatan yang bisa menyebabkan warna lidah menguning di antaranya amiodaron, bleomycin, chloroquine, kloropromazin, minocycline, doxorubicin, dan quinidine.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.