4 Perawatan Wajah yang Perlu Dilakukan Sebelum Tidur untuk Kulit Berminyak

Avatar of PortalMadura.com
4 Perawatan Wajah yang Perlu Dilakukan Sebelum Tidur untuk Kulit Berminyak
Ilustrasi (Wolipop)

PortalMadura.Com – Jenis cenderung menjadi awal munculnya jerawat atau masalah kulit lainnya. Hal ini biasanya menyebabkan menumpuknya kotoran pada pori-pori. Oleh karena itu, butuh perawatan ekstra untuk Anda yang mempunyai kulit berminyak.

Ada beberapa cara mudah untuk merawat kulit berminyak agar tidak menimbulkan jerawat dan msalah kulit lainnya. Lantas, bagaimana caranya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut ini penjelasannya:

Memilih Kandungan yang Tepat untuk Sabun Wajah

Langkah pertama untuk merawat kulit wajah Anda yang berminyak adalah dengan membersihkannya secara rutin. Terutama pada malam hari. Debu yang menumpuk dapat menyebabkan munculnya jerawat dan pori-pori tersumbat.

Memilih kandungan yang dapat membantu mengeksfoliasi wajah merupakan pilihan yang tepat bagi kulit berminyak. Kandungan seperti salicylic acid, dapat membantu Anda untuk membersihkan wajah dengan tepat sampai ke dalam pori-pori.

Dr. Sandra Lee, melalui healthline.com, menyatakan bahwa kandungan salicylic acid dapat membantu membersihkan wajah Anda dari minyak berlebih dan sel kulit mati yang menumpuk. Melakukan double cleansing dengan pembersih wajah seperti micellar water juga dianjurkan bagi kulit berminyak.

Mengaplikasikan Toner

Setelah membersihkan wajah dengan micellar water dan sabun wajah, pastikan Anda mempersiapkan kulit Anda dengan toner sebelum lanjut kepada langkah berikutnya. Toner dapat membantu Anda untuk merawat pori-pori wajah.

Memilih toner dengan kandungan yang dapat mengeksfoliasi kulit Anda secara halus merupakan pilihan yang tepat. Gunakan kandungan salicylic acid, glycolic acid dan lactic acid agar sel kulit mati dapat dibersihkan dengan tepat.

Aplikasikan toner satu hingga tiga kali dalam sehari. Namun, berhati-hatilah dalam menggunakan kandungan ini agar kulit Anda tidak teriritasi.

Menggunakan Masker

Tidak hanya dapat membantu Anda merelaksasikan diri, masker juga dapat membantu Anda merawat kulit berminyak. Menggunakan masker wajah selama dua sampai tiga kali selama seminggu dapat membantu Anda merawat kulit berminyak.

Pilihlah masker jenis clay atau charcoal untuk membersihkan wajah Anda. Kandungan seperti tea tree oil dapat membantu wajah Anda terhindar dari bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan jerawat. Antiseptik dalam tea tree oil terbukti baik dalam mengatasi masalah kulit berminyak ataupun berjerawat.

Aplikasikan Pelembap Wajah

Semua tipe kulit wajah membutuhkan hidrasi dan pelembab, tidak terkecuali kulit berminyak. Banyak informasi salah yang menyatakan bahwa kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap. Justru kulit berminyak membutuhkan hidrasi yang tepat agar produksi minyak berkurang.

Gunakan pelembap yang ringan, tidak mengandung minyak dan water based atau terbuat dari kandungan air. Aplikasikan pelembap jenis gel pada malam hari pada bagian wajah dan leher. Hindari pelembap yang bertekstur tebal, seperti cream. Pelembab jenis cream dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.