oleh

4 Perkara yang Meninggikan Derajat Manusia

PortalMadura.Com – Semua manusia pasti ingin derajatnya tinggi dihadapan Allah SWT. Hal itu tentu diperlukan daya dan upaya sehingga Allah menjadikan mulia di sisiNya.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (21/1/2020) dari laman okezone.com yang dikutip dari laman resmi Pesantren Lirboyo. Berikut beberapa hal yang menjadikan derajat seseorang naik atau mulia di sisi Allah SWT:

Ilmu

Jadi orang yang mempunyai ilmu bisa naik derajatnya. Allah SWT berfirman: “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.“ (Al Mujadilah : 11).

Jadi orang yang berilmu derajatnya naik, baik ilmu syariat maupun ilmu formal (umum). Kalau ilmu syariat itu menjadikan mulia indallah maupun indannas tapi ilmu formal hanya menjadikan mulia indannas saja.

Baca Juga: Datangnya Ujian Ciri Seseorang Disayang Allah ?

Jujur

Ini sangat penting sekali, seperti sabda Nabi Muhammad SAW: “Kalian wajib berlaku jujur, karena sesungguhnya jujur itu menunjukkan (pelakunya) kepada kebaikan, dan kebaikan itu menunjukkan kepada Surga. Seseorang senantiasa jujur dan berusaha untuk selalu jujur sehingga ia ditulis di sisi Allah sebagai orang yang sangat jujur. Dan jauhilah oleh kalian sifat bohong, karena sesungguhnya bohong itu menunjukkan pelakunya kepada keburukan, dan keburukan itu menunjukkan kepada api Neraka. Seseorang senantiasa berdusta dan berusaha untuk selalu berdusta sehingga ia ditulis disisi Allah sebagai seorang pendusta.” (HR. Muslim)

Akhlak

Contohnya dengan memuliakan guru maupun orangtua, lalu berprasangka baik kepada teman, serta mengayomi adek-adek, derajat seseorang itu bisa naik.

Amanah

Contoh jika dititipi uang oleh orang lain untuk dikelola, maka harus bisa mengelolanya dengan baik. Jika dititipi jabatan maka harus menjalankanya dengan baik. Wallahu A’lam.

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar